Kamis 07 Jan 2021 00:41 WIB

Laju Inflasi 2020 Purwokerto-Cilacap Terendah dalam 3 Tahun

Inflasi di Purwokerto dan Cilacap di angka di bawah 2 persen.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Inflasi, ilustrasi
Foto: Pengertian-Definisi.Blogspot.com
Inflasi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Laju inflasi yang terjadi di Kota Purwokerto dan Cilacap sepanjang tahun 2020, mencatat angka terendah selama tiga tahun terakhir. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Samsun Hadi menyebutkan, laju inflasi tahunan di kedua kota tersebut sepanjang tahun 2020 mencatat angka di bawah 2 persen (yoy).

''Laju inflasi tahunan Kota Purwokerto sebesar 1,9 persen, sedangkan Cilacap 1,7 persen,'' kata dia, Rabu (6/1).

Baca Juga

Dia menyebutkan, laju inflasi tahunan tahun 2020 ini, bila dibandingkan rata-rata historis inflasi tahunan selama tiga tahun sebelumnya, menjadi yang paling rendah. ''Selama tiga tahun terakhir, rata-rata laju inflasi tahunan tercatat berkisar pada angka 3,06 persen untuk Kota Purwokerto dan 3,27 persen untuk Kota Cilacap,'' kata dia.

Menurut Samsun, rendahnya laju inflasi sepanjang tahun 2020 disebabkan oleh terbatasnya konsumsi dan turunnya kemampuan daya beli masyarakat akibat  pandemi Covid 19. Bahkan sepanjang tahun 2020, baik Kota Cilacap maupun Purwokerto mengalami deflasi selama empat bulan.

 

Khusus untuk inflasi Desember 2020, Kota Purwokerto dan Cilacap mengalami inflasi sebesar 0,33 persen (mtm) dan 0,35 persen (mtm). Laju inflasi sebesar ini, jauh lebih rendah dibandingkan laju inflasi tingkat Provinsi Jateng dan nasional, yang tercatat sebesar 0,46 persen (mtm) dan 0,45 persen (mtm).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement