Rabu 06 Jan 2021 12:45 WIB

Impor Emas India Terendah Sejak 2009 karena Covid-19

Konsumsi emas di India melemah dalam dua tahun terakhir.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Pedagang menata perhiasan emas. ilustrasi
Foto: Antara/Rahmad
Pedagang menata perhiasan emas. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Impor emas India pada tahun 2020 merosot ke level terendah dalam lebih dari satu dekade karena pandemi Covid-19 yang menghantam permintaan dan logistik. Ini membuat harganya jadi lebih tinggi di dalam negeri dan kehilangan minat beli dari masyarakat.

Dilansir Bloomberg, Rabu (6/1), impor emas turun menjadi 275,5 ton tahun lalu, menurut seseorang yang mengetahui data tersebut namun meminta untuk tidak disebutkan namanya karena informasinya tidak untuk publik. Menurut data Dewan Emas Dunia, jumlah tersebut adalah rekor terendah sejak 2009.

Baca Juga

Namun impor pada Desember naik 18 persen dari tahun sebelumnya menjadi 55,4 ton. Juru bicara Kementerian Keuangan Rajesh Malhotra tidak segera menanggapi pertanyaan tersebut.

Konsumsi emas di India melemah dalam dua tahun terakhir karena rekor harga yang tinggi menahan permintaan dan lockdown demi mengendalikan virus. Penurunan aktivitas penerbangan karena pembatasan terkait virus juga membatasi impor. India memenuhi sebagian besar kebutuhan emasnya dari pasar luar negeri.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement