Rabu 06 Jan 2021 11:29 WIB

Kejar Produksi PS5, Sony akan Setop Produksi PS4 Pro?

Sony dikabarkan menghentikan beberapa model PS4 di Jepang demi mengejar produksi PS5.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sony PS5.
Foto: t3
Sony PS5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bisa mendapatkan PlayStation 5 adalah hal yang cukup sulit dilakukan pada tahun 2020. Calon pembeli harus bersusah-susah bersaing dengan calo dan bot untuk mendapatkan konsol baru ini.

Namun, tetapi tingkat kesulitan untuk mendapatkan PS5 akan turun secara substansial pada 2021. Sebab, pasokan mulai mengejar permintaan. Untuk memastikan itu terjadi, Sony rupanya menghentikan beberapa model PS4 di Jepang.

Baca Juga

Menurut laporan dari GameWatch,dilansir dari BGR, Rabu (6/1), setiap model PS4 Pro (CUH-7000) dan semua kecuali satu model PS4 Slim (CUH-2000) tidak lagi diproduksi di negara asal perusahaan. Satu-satunya PS4 yang akan terus diproduksi Sony di Jepang adalah model ramping Jet Black 500GB.

Seperti laporan, yang pertama kali dilihat oleh VGC, menjelaskan, Sony Interactive Entertainment berencana untuk mengalihkan sumber daya ke produksi model PS5. Jika laporannya akurat, pasokan PS5 akan terus bertambah di bulan-bulan mendatang dan pengisian ulang harus dilakukan lebih sering.

Pertanyaannya adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan? Seperti yang ditunjukkan VGC, halaman produk resmi untuk PS4 Pro di PlayStation Direct untuk sementara menampilkan pesan berikut bulan lalu.

“Saat ini tidak ada rencana untuk mengembalikan item ini di masa depan”.

Kabar tentang ini mulai menyebar di internet, tetapi Sony diam-diam menghapusnya tanpa peringatan dan tanpa memberikan penjelasan tentang kemunculannya. Tidak akan tahu apa rencana Sony sampai perusahaan membuat pengumuman atau seseorang membocorkan informasi yang lebih rinci.

Tetapi dengan permintaan untuk PS5 berada di puncak, tentu masuk akal untuk mengarahkan semua sumber daya ke konsol yang dinanti-nantikan para gamer.

Kepala perencanaan platform SIE Hideaki Nishino juga mengatakan transisi dari PS4 ke PS5 akan memakan waktu sekitar tiga tahun. Jadi, jangan berharap PS4 menghilang begitu saja.

Sisi lain, dengan Microsoft telah menghentikan Xbox One X musim panas lalu, kemungkinan hanya masalah waktu sampai Sony mengikutinya dengan PS4 Pro. Kabar baiknya, produksi PS5 diharapkan akan meningkat seiring dengan penurunan produksi PS4 dan PS4 Pro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement