Rabu 06 Jan 2021 08:25 WIB

Menakar Adu Kuat di Derbi Manchester

Manchester United melawan Manchester City di Stadion Old Trafford, Kamis (7/1)

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Piala Liga
Foto: www.efl.com
Piala Liga

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Laga besar akan tersaji dalam semifinal Piala Carabao antara Manchester United melawan Manchester City di Stadion Old Trafford, Kamis (7/1) dini hari WIB.

Pertandingan bertajuk derbi Manchester tersebut diprediksi akan berlangsung ketat mengingat performa keduanya sedang menanjak di Liga Inggris. Setan Merah mulai menunjukkan diri sebagai tim penantang gelar meski sempat disorot karena penampilan buruk di awal musim.

MU kini duduk di posisi kedua klasemen. Mereka bahkan berpotensi naik ke puncak klasemen jika menang atas Burnley 13 Januari mendatang.

Begitupun dengan City yang mulai menemukan penampilan terbaiknya. Mereka kini berada di posisi kelima klasemen dan hanya terpaut tiga poin dari MU dan Liverpool. City semakin ganas setiap pekannya baik dengan atau tanpa pemain utamanya.

Menurut catatan Whoscored, City berpotensi besar tanpa delapan pemain karena Covid-19 dan cedera. Mereka adalah Nathan Ake, Gabriel Jesus, Eric Garcia, Kyle Walker, Ederson, Ferran Torres, Tommy Doyle dan Aymeric Laporte. Kendati  demikian MU tak bisa menganggap kekuatan mereka melemah.

Pasalnya, seluruh pemain City mempunyai kualitas yang hampir merata. Mereka memahami apa yang diinginkan pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Sedangkan tuan rumah tak akan diperkuat Marcos Rojo dan Victor Lindelof yang cedera. Edinson Cavani harus menyaksikan rekan-rekannya berjuang di tengah lapangan karena skorsing kartu merah.

Laga nanti diprediksi akan ketat dan kemungkinan akan minim gol. Hal tersebut berdasarkan catatan enam pertemuan terakhir dimana tim yang memenangkan laga tak mencetak gol lebih dari dua gol.

Kendati demikian, MU dapat memanfaatkan catatan rekor pertemuan lebih baik yaitu meraih tiga kali kemenangan dalan enam kali bentrok. Sedangkan City hanya satu kali kemenangan dan sisanya berakhir imbang. Tetapi kedua tim memiliki catatan sama dalam lima pertandingan terakhir mereka yaitu empat kali kemenangan dan satu hasil imbang.

Guardiola akan menganggap serius Piala Carabao. Ia mengatakan akan langsung fokus mempersiapkan tim usai mengalahkan Chelsea 3-1 di Liga Inggris pekan lalu. Guardiola berharap penampilan apik melawan The Blues dipertahankan di laga derby.

Guardiola tak ingin krisis pemain dijadikan alasan untuk menurunkan kualitas permainan. Dan mantan pelatih Barcelona itu mengingatkan kepada pasukannya bahwa setiap pertandingan selalu penting. Guardiola meminta pemainnya tak puas diri usai kemenangan atas Chelsea.

“Kami masih jauh dan sekarang kami pulih dan bermain di semifinal Carabao [Piala] dan pertandingan berikutnya,” kata Guardiola usai laga melawan Chelsea, dilansir dari Manchester Evening News, Selasa (5/1).

Gelandang Manchester United Bruno Fernandes sudah tak sabar menghadapi City. Usai kemenangan 2-1 atas Aston Villa, ia langsung memikirkan pertandingan derbi yang dianggap sarat gengsi serta selalu berlangsung ketat. Ia senang bisa mengawali tahun 2021 dengan kemenangan atas Villa.

“Awal yang bagus, tiga poin. Kami harus terus maju. Kami memiliki kompetisi lain untuk dimainkan (melawan City) dan kami ingin berada di final,” kata Fernandes, dikutip dari laman resmi klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement