Rabu 06 Jan 2021 00:55 WIB

PKB Jabar Sinergikan Kepemimpinan Karismatik dan Milenial

PKB meyakini inilah dasar kekuatan partai guna membangun Jabar di masa mendatang.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda
Foto: Dok Istimewa
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Seluruh pengurus wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Indonesia, bakal mengelar Musyawarah Wilayah (Muswil) secara serentak. Muswil yang digelar pada 9 Januari 2021 itu akan dilakukan di wilayahnya masing-masing.

“Untuk DPW PKB Provinsi Jawa Barat, akan diwarnai dengan refleksi serta proyeksi PKB di Jawa Barat ke depan, sinergi kepemimpinan yang kharismatik dengan mengedepankan kepemimpinan generasi kedua atau generasi muda,” ujar Ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda, Selasa (5/1).

PKB Jawa Barat, kata dia, sejak awal sudah merumuskan serta menyiapkan generasi kedua sebagai pembawa arah kepengurusan PKB Jabar yang baru. Menurutnya, PKB Jabar tidak mengalami kesulitan untuk mencari potensi SDM generasi muda yang akan diberdayakan secara total bagi kemajuan PKB.

“Sejak lama kami sudah melakukan pembinaan terhadap kaum milenial di jaringan PKB, di antaranya melalui sekolah PUMR (Peduli Umat Melayani Rakyat), di mana para peserta  sekolah PUMR ini kita ambil dari pengurus-pengurus DPC, DPAC, serta organisasi-organisasi yang berada di bawah naungan PKB,” ujar Huda.

PKB, kata Huda, merupakan partai yang lahir dari Rahim Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi keislaman terbesar di Indonesia. Dengan begitu, tidak terlalu sulit bagi PKB dalam menjaring SDM berkualitas yang disiapkan untuk mengembangkan PKB ke depan, khususnya bagi PKB Jawa Barat.

Huda mengatakan, sesuai budaya, norma dan etika yang dipegang teguh oleh NU sejak lama, PKB akan senantiasa meminta petunjuk serta arahan dari para sesepuh, ajengan, dan kyai agar arah perjalanan partai tidak melenceng dari Visi serta Misi PKB yang telah disepakati.

Karena, kata dia, dari para ajengan dan kyai lah kita selama ini menimba ilmunya. "Kemudian dengan sinergitas kekuatan tokoh-tokoh karismatik para ajengan, kiyai, dan para sesepuh masyarakat ini, kita jadikan penopang anak-anak muda beserta jaringan milenialnya," katanya. Pihaknya meyakini inilah dasar kekuatan partai guna membangun Jawa Barat di masa yang akan datang. 

Selanjutnya, kata Huda, DPW PKB Jabar sudah meminta dan melayankan surat resmi kepada seluruh pengurus DPC PKB se-Jawa Barat untuk merekomendasikan calon-calon pemimpin generis kedua kepemimpinan kharismatik tersebut untuk mengisi struktur kepengurusan DPW PKB Jawa Barat yang baru.

“Kami akan menata struktur kepengurusan dan butuh energi segar dengan pengurus-pengurusnya yang progreasif dalam menyiapkan diri menghadapi Pilpres 2024 mendatang,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement