Selasa 05 Jan 2021 22:32 WIB

Arab Saudi-Qatar Damai, Blokade Selama 3,5 Tahun Dicabut

..

Red: Mohamad Amin Madani

Dalam foto yang dirilis oleh Pengadilan Kerajaan Saudi ini, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (kanan) menyambut Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani pada saat kedatangannya untuk menghadiri KTT ke-41 Dewan Kerjasama Teluk di Al-Ula, Arab Saudi, Selasa (5/1). (FOTO : Saudi Royal Court via AP)

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (kanan tengah) menyapa Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, saat dia tiba di bandara Al Ula, tempat Dewan Kerjasama Teluk (GCC) ke-41 berlangsung di Arab Saudi, Selasa (5/1). (FOTO : AP / Amr Nabil)

Para jurnalis mengobrol saat pesawat yang membawa Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ditampilkan di layar saat mendarat di bandara Al Ula, tempat pertemuan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) ke-41, di Arab Saudi, Selasa (5/1). (FOTO : AP / Amr Nabil)

Para jurnalis mengobrol saat video pesawat yang membawa Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ditampilkan di layar saat mendarat di bandara Al Ula, tempat pertemuan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) ke-41, di Arab Saudi, Selasa, 23 Januari. 5, 2021. Kedatangan Al Thani di kota gurun kuno kerajaan Al-Ula pada hari Selasa disiarkan langsung di TV Saudi. Dia terlihat turun dari pesawatnya dan disambut dengan pelukan oleh putra mahkota Saudi. Terobosan diplomatik terjadi setelah desakan terakhir oleh pemerintahan Trump yang akan keluar dan sesama negara Teluk Kuwait untuk menengahi diakhirinya krisis. (FOTO : AP / Amr Nabil)

Jurnalis menonton layar besar di pusat media, menunjukkan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani (tengah) pada pertemuan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) ke-41, di Al Ula, Arab Saudi, Selasa (5/1). (FOTO : AP / Amr Nabil)

Jurnalis menonton layar besar di pusat media, menunjukkan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani (tengah) pada pertemuan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) ke-41, di Al Ula, Arab Saudi, Selasa (5/1). (FOTO : AP / Amr Nabil)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani tiba di bandara Al Ula, Arab Saudi pada Selasa (5/1), untuk menghadiri KTT Dewan Kerjasama Teluk (GCC) ke-41 berlangsung di Arab Saudi.

Kedatangan pemimpin Qatar tersebut disambut langsung oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Arab Saudi dilaporkan telah sepakat untuk mencabut blokadenya terhadap Qatar yang sudah berlangsung selama 3,5 tahun. Keputusan Saudi untuk membuka kembali perbatasan darat, laut, dan udaranya terhadap Qatar dilakukan pada malam KTT GCC ke-41 yang digelar di kota Al Ula.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement