Rabu 06 Jan 2021 02:39 WIB

Resolusi Sehat yang Pasti Bisa Diterapkan

Ada banyak cara menyenangkan untuk diterapkan dalam usaha meningkatkan kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pengunjung bermain permainan 5 Pilar. Bermain gim juga dapat meningkatkan kesehatan mental.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pengunjung bermain permainan 5 Pilar. Bermain gim juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada tahun 2021, ada banyak perubahan kesehatan yang dapat Anda lakukan. Hal ini akan membantu lebih sehat, mengurangi risiko penyakit, dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Sebelum Anda membuat resolusi yang pasti akan gagal, Clare O'reilly memiliki beberapa ide sederhana yang mungkin benar-benar bisa diterapkan

Baca Juga

Mulai bermain gim

Penelitian baru menyarankan agar Anda bermain game. Para ilmuwan dari Oxford menemukan bahwa gim dapat meningkatkan kesehatan mental.

Makan cokelat lebih banyak

Tidak mengherankan jika makan cokelat membuat perasaan orang menjadi lebih baik. Penelitian baru menemukan bahwa konsumsi cokelat juga baik untuk otak.

Cokelat dan kakao mengandung senyawa yang disebut flavanol. Penelitian di University of Illinois, Amerika Serikat menemukan, makanan kaya flavanol meningkatkan fungsi otak dan kinerja kognitif. Dr Catarina Rendeiro, dosen ilmu gizi yang menulis penelitian tersebut mengatakan, flavanol meningkatkan kadar oksigenasi darah di dalam area frontal otak yang meningkatkan kinerja kognitif.

“Fakta bahwa flavanol bisa efektif dalam meningkatkan oksigenasi otak dan fungsi kognitif adalah temuan yang luar biasa. Ini berarti kita semua bisa mendapatkan keuntungan dari diet kaya flavanol."

Dapatkan lebih banyak sinar matahari

Bulan lalu, ahli medis dari Inggris, AS, dan Eropa menyatakan dalam surat terbuka bahwa ada bukti ilmiah yang jelas bahwa vitamin D mengurangi risiko infeksi Covid-19, rawat inap, dan kematian.

Vitamin D juga dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya. Peneliti dari Seattle, AS menemukan wanita hamil dengan level tinggi vitamin D memiliki anak dengan IQ lebih tinggi. Sebuah penelitian di California, AS menemukan hal itu berkontribusi pada usus yang lebih sehat, kesehatan tulang, dan kekebalan.

Sikat gigi

Menyikat gigi tiga kali sehari dikaitkan dengan risiko terkena diabetes delapan persen lebih rendah, sementara memiliki penyakit gusi dan gigi dikaitkan dengan peningkatan peluang sembilan persen, lapor Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes

Sebuah studi oleh European Society of Cardiology menemukan perawatan gigi yang baik dan menyikat gigi secara teratur menurunkan risiko gagal jantung hingga lebih dari 12 persen.

Tetap bahagia

Orang-orang yang gembira, dengan pandangan hidup yang positif, tidak terlalu rentan terhadap kehilangan ingatan terkait usia, seperti demensia dan penyakit Alzheimer. Itulah temuan penelitian dari Amerika Serikat.

Profesor Claudia Haase dari Northwestern University di Illinois, AS mengatakan, ada banyak pekerjaan yang menunjukkan emosi positif memainkan peran penting dalam penuaan yang sehat. Studi kami memberikan kontribusi potongan lain untuk teka-teki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement