Selasa 05 Jan 2021 18:52 WIB

2021, UNS Fokus Tingkatkan Peringkat Internasional

UNS berencana masuk peringkat 601 hingga 650 kampus internasional

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Foto: Republika/Binti sholikah
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo fokus meningkatkan peringkat internasional tahun ini. Hal itu dikemukakan Direktur Kerjasama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS, Irwan Trinugroho, saat acara silaturahmi tahunan secara luring dan daring di Auditorium GPH Haryo Mataram, Senin (4/1).

Irwan membawakan pidato dengan topik Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) UNS dalam rangka menyongsong reputasi internasional. "PTN-BH merupakan kendaraan bagi UNS untuk menjadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia," kata Irwan seperti tertulis dalam siaran pers, Selasa (5/1).

Irwan menyampaikan, memiliki reputasi internasional yang baik perlu dipahami oleh civitas akademika di UNS. Sebab, selama ini hanya peringkat yang sering dijadikan acuan utama dalam memberikan pandangan memiliki tempat di tingkat internasional. Padahal di balik itu semua terdapat kualitas pendidikan yang perlu diperhatikan.

Menurut Irwan, indikator dan hal-hal yang saat ini perlu dipersiapkan oleh UNS menuju perguruan tinggi berkualitas antara lain, reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, jumlah sitasi, perbandingan dosen dan mahasiswa internasional. Selain itu ada juga riset internasional fakultas.

"Peringkat UNS menurut QS Word Ranking University saat ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Kami harapkan lima tahun ke depan posisi UNS masuk peringkat 601-650 tingkat dunia," imbuhnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement