Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Nabi Muhammad SAW dan Masa Terputusnya Wahyu

Selasa 05 Jan 2021 18:36 WIB

Red: Ani Nursalikah

Nabi Muhammad SAW dan Masa Terputusnya Wahyu. Ilustrasi Rasulullah

Nabi Muhammad SAW dan Masa Terputusnya Wahyu. Ilustrasi Rasulullah

Foto: Republika/Mardiah
Setelah wahyu pertama turun di Gua Hira Nabi tidak lagi mendapat wahyu.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Yunahar Ilyas

Kapankah lima ayat pertama itu diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW? Dalam Surat Al-Baqarah ayat 185 dijelaskan oleh Allah SWT bahwa Alquran diturunkan (pertama kali) pada bulan Ramadhan.

Allah SWT berfirman:

Baca Juga

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil…” (QS. Al-Baqarah 2: 185)

Dalam ayat tersebut tidak dijelaskan tanggalnya. Menurut para mufassir dan ulama Ulumul Qur’an, lima ayat tersebut diturunkan pada malam 17 Ramadhan. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan Surat Al-Anfal ayat 41:

۞وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّمَا غَنِمۡتُم مِّن شَيۡءٖ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُۥ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي ٱلۡقُرۡبَىٰ وَٱلۡيَتَٰمَىٰ وَٱلۡمَسَٰكِينِ وَٱبۡنِ ٱلسَّبِيلِ إِن كُنتُمۡ ءَامَنتُم بِٱللَّهِ وَمَآ أَنزَلۡنَا عَلَىٰ عَبۡدِنَا يَوۡمَ ٱلۡفُرۡقَانِ يَوۡمَ ٱلۡتَقَى ٱلۡجَمۡعَانِۗ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٖ قَدِيرٌ

“Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqân, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Q.S. Al-Anfal 8:41)

Yang dimaksud dengan hari Al-Furqan ialah hari jelasnya kemenangan orang Islam dan kekalahan orang kafir, yaitu hari bertemunya dua pasukan di peperangan Badar, pada hari Jum’at 17 Ramadhan tahun ke 2 Hijriah. Tanggal itulah—bukan tahunnya–yang digunakan oleh para mufasir untuk menentukan tanggal turunnya Al-Qur’an pertama kali yang kemudian dikenal sebagai hari Nuzulul Qur’an. (Yunahar Ilyas, Kuliah Ulumul Qur’an, 2016: 39-40)

 

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA