Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Southampton Akhiri Rekor Buruk atas Liverpool

Selasa 05 Jan 2021 15:34 WIB

Red: Didi Purwadi

Para pemain Southampton merayakan keberhasilan mengalahkan Liverpool.

Para pemain Southampton merayakan keberhasilan mengalahkan Liverpool.

Foto: EPA-EFE/Naomi Baker
Southampton menelan enam kekalahan selama empat tahun terakhir menghadapi Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Southampton memetik kemenangan bersejarah saat mengalahkan Liverpool 1-0 di laga lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion St. Mary's pada Selasa (5/1) malam dini hari WIB. Kemenangan semalam terbilang bersejarah karena Southampton tidak pernah menang lawan Liverpool dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelum kemenangan semalam, Southampton menelan enam kekalahan selama empat tahun terakhir menghadapi Liverpool. The Saints, julukan bagi Southampton, terakhir kali mengalahkan Liverpool pada Maret 2016. Mereka saat itu menang 3-2 dari menjamu Liverpool di laga Liga Inggris.

Rekor pertemuan juga berpihak pada Liverpool. Souhampton menorehkan 31 kemenangan dengan 57 kekalahan dari Liverpool. Sebanyak 25 pertandingan berakhir dengan skor imbang.

Jalan Pertandingan

Danny Ings mencetak gol semata wayang ke gawang bekas timnya saat pertandingan memasuki menit kedua. Dengan penampilan solid, Southampton mampu mengawal keunggulan itu sampai peluit tanda laga usai berbunyi.

Dari sebuah situasi tendangan bebas, James Ward-Prowse mengirimkan umpan lambung yang gagal diantisipasi bek Trent Alexander-Arnold. Ings yang lolos dari kawalan, menyambutnya dengan sontekan untuk memperdaya kiper Alisson Becker ke area tiang jauh.

Liverpool memperoleh peluang untuk segera membalas pada menit kelima, tetapi tembakan Roberto Firmino masih menyamping dari gawang. Sejak itu Liverpool kemudian menghabiskan 45 menit pertama pertandingan tanpa sekalipun mencatatkan tembakan tepat sasaran.

Di babak kedua, tim besutan Juergen Klopp sedikit lebih baik. Mereka menghabiskan lima menit pertama memainkan bola di area pertahanan Southampton, tapi masalah penyelesaian mereka masih menghantui.

Bahkan, Liverpool harus menunggu hingga menit ke-74 untuk memperoleh tembakan tepat sasaran mereka melalui sepakan Sadio Mane. Sayangnya, tembakannya masih terlalu lemah dan mudah dijinakkan kiper Fraser Forster.

Keasyikan menyerang, Liverpool hampir kemasukan gol kedua ketika Alisson secara ceroboh meninggalkan sarangnya dan diperdaya oleh Yann Valery. Sayang, tembakan pemain pengganti Southampton itu terlalu lemah dan bisa dikejar Jordan Henderson di mulut gawang.

Liverpool tak kunjung mampu memperbaiki penyelesaian akhir mereka dan menutup laga dengan kekalahan 0-1. Liverpool cuma mencatatkan satu tembakan tepat sasaran.

Liverpool memang tetap di puncak klasemen. Tapi, raihan 33 poin mereka setara dengan tim peringkat kedua Manchester United yang punya satu laga simpanan.

Sedangkan, Southampton naik ke posisi keenam klasemen dengan 29 poin. Mereka melewati Everton (29 poin), Aston Villa (26) dan Chelsea (26). Demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA