Selasa 05 Jan 2021 15:30 WIB

Saudi Membangun Citra Terbuka dan Moderat Lewat Olahraga

Reli Dakar bukan satu-satunya ajang olah raga yang diadakan Saudi.

Saudi Membangun Citra Terbuka dan Moderat Lewat Olahraga (ilustrasi).
Foto: Hamad Mohammed/REUTERS
Saudi Membangun Citra Terbuka dan Moderat Lewat Olahraga (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -Ini tahun kedua Reli Dakar diadakan di bumi Arab Saudi setelah tahun lalu yang juga dibayangi isu hak asasi manusia.

Berlangsung 14 hari mulai 3 Januari sampai 15 Januari nanti, edisi ke-43 reli bergengsi dunia ini diikuti nama-nama besar seperti Carlos Sainz, Stephane Peterhansel, Sebastien Loeb, Cyril Despres dan Toby Price.

Reli Dakar bukan satu-satunya ajang olah raga yang diadakan Saudi. Desember 2019, rematch tinju kelas berat antara Andy Ruiz Jr dan Anthony Joshua juga diadakan di negara kaya minyak ini.

Lalu ada Piala Super Spanyol yang Januari tahun lalu mempertemukan Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid dan Valencia.

Piala Super Italia juga pernah digelar di sini pada 2018 dan 2019. Kemudian Formula E pada Desember 2018 dan November 2019, Turnamen Golf Internasional Saudi pada Februari 2020, dan seterusnya.

Saudi terus membidik event-event besar olahraga yang di masa lalu sangat tabu diadakan negeri penjaga tanah suci Mekah ini. Mulai 2023, Formula 1 memasukkan Grand Prix Saudi dalam kalendernya. Sebelas tahun setelahnya pada 2034, untuk pertama kalinya mereka akan menggelar Asian Games di Riyadh. Ini bakal menjadi perhelatan krida multievent terbesar dalam sejarah Saudi.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement