Selasa 05 Jan 2021 12:36 WIB

Bukan PS5, Nintendo Switch Diprediksi Jadi Konsol Terlaris

Nintendo Switch diprediksi akan menual konsol hingga 24 juta unit pada tahun ini.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Nintendo Switch.
Foto: Ubergizmo
Nintendo Switch.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga pengamat industri menyarankan platform Nintendo yang hampir berusia empat tahun akan menjual lebih banyak dari Sony dan konsol terbaru Microsoft. Dua analis, Piers Harding-Rolls Ampere Analysis dan Dr. Serkan Toto dari Kantan Games, juga memperkirakan model Switch baru akan membantu mendorong penjualan yang kuat untuk sistem Nintendo tahun ini.

"Saya berharap keluarga perangkat Nintendo Switch menjadi konsol terlaris lagi pada 2021 setelah 2020 yang sangat kuat," kata Harding-Rolls, dilansir dari Video Games Chronicle, Selasa (5/1).

Baca Juga

"Tahun lalu saya tidak yakin ada model flagship Switch di 2020, tetapi lebih masuk akan secara komersial untuk merilis versi yang diperbarui pada 2021. Saat ini saya memiliki versi yang diperbarui dari Switch dalam perkiraan saya untuk 2021," ujarnya lagi.

Harding-Rolls mengharapkan Switch untuk menjual sekitar 24 juta unit tahun ini. Sementara, gabungan penjualan PS5 dan Xbox Series X/S mencapai 25 juta. Toto dari Kantan Games memprediksi Nintendo akan meluncurkan model Switch 4K yang ditingkatkan selama tahun keuangan berikutnya, yang dimulai pada April 2021.

Toto mengatakan semua orang yang memperkirakan Switch akan terengah-engah menghadapi PS5 dan XBox akan mengalami kekecewaan yang pahit.

"Switch akan menjadi konsol terlaris tahun ini juga, didorong oleh lebih banyak gim pihak pertama, penyegaran perangkat keras dan perangkat yang telah berkembang menjadi produk gaya hidup untuk pasar massal selama 2020,"  kata Toto.

Kemudian, Mat Piscatella dari NPD Group juga mengharapkan konsol Nintendo menjadi yang teratas pada 2021. Piscatella memprediksi meskipun konsol PlayStation 5 dan Xbox Series telah diluncurkan, Nintendo Switch akan menjadi yang paling banyak menjual unit perangkat keras konsol pada 2021.

"Saya akan melangkah lebih jauh dan menyarankan ini akan didorong oleh konten dan upaya promosi daripada rilis model iteratif baru," ujar Piscatella.

Beberapa outlet telah melaporkan Nintendo sedang bersiap untuk meluncurkan perangkat keras Switch baru pada awal 2021. Mungkin saja perangkat baru ini menampilkan daya komputasi yang ditingkatkan dan dukungan untuk grafik 4K.

Selain itu, ditanya tentang 'Switch Pro', demikian julukannya, selama wawancara Polygon yang diterbitkan bulan lalu, presiden Nintendo of America Doug Bowser mengecilkan laporan bahwa perusahaan sedang merencanakan perombakan Switch dalam waktu dekat. Saat ini, dengan momentum yang dimiliki, kata Bowser, fokus Nintendo akan tertuju pada faktor bentuk yang ada.

"Pertama, kami selalu melihat teknologi. Dan seperti yang kita ketahui, teknologi terus berkembang dan berubah. Kami selalu melihat apa yang akan datang untuk menentukan: Bagaimana cara menambah dan memperbaiki pengalaman bermain gim?," kata Bowser.

"Apakah itu di platform saat ini atau di platform masa depan, kami selalu melihat itu. Kami juga melihat sekarang-dan kami baru saja membicarakannya-bahwa momentum di Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite di tahun keempat kuat dan kami yakin kami sedang mengubah lintasan siklus hidup konsol biasa lainnya," kata Bowser.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement