Selasa 05 Jan 2021 11:23 WIB

Avanza Terus Jadi Mobil Terlaris Toyota

Penjualan Toyota didominasi oleh Toyota Avanza, Rush, Innova, Calya dan Agya.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Tampilan baru interiso Toyota New Avanza yang dipamerkan pada peluncuran New Avanza dan New Veloz 2019 di Jakarta, Selasa (15/1).
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Tampilan baru interiso Toyota New Avanza yang dipamerkan pada peluncuran New Avanza dan New Veloz 2019 di Jakarta, Selasa (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Saat ini, pasar otomotif global dan domestik didominasi oleh produk multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV). Artinya, jika sebuah jenama ingin meraih pangsa pasar yang optimal, maka pabrikan itu perlu serius untuk menggarap pasar pada segmen tersebut.

Hal itu lah yang dilakukan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang sudah sekian lama berada pada puncak peringkat penjualan berdasar hasil rekapitulasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, capaian itu dapat terus dipertahankan karena Toyota secara konsisten melakukan strategi produk dan strategi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga

“Sepanjang 2020, penjualan Toyota didominasi oleh Toyota Avanza, Rush, Innova, Calya dan Agya,” kata Anton kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Avanza sendiri jadi produk terlaris dengan catatan penjualan pada Januari hingga November 2020 sekitar 35 ribu unit. Sedangkan Rush dan Innova membukukan penjualan sekitar 29 ribu unit dan 26 ribu unit. Kemudian, Calya dan Agya memberikan kontribusi penjualan sebanyak 25 ribu dan 12 ribu unit.

"Secara komposisi penjualan, Avanza mendominasi dengan porsi penjualan sebesar 22,3 persen. Sedangkan Rush dan Innova menyumbang porsi sebesar 18,8 persen dan 16,5 persen," ucapnya.

Soal dominasi Avanza, hal ini tentu bukan hal yang mengejutkan, mengingat, Avanza memang dihadirkan sebagai produk yang mampu mengakomodasi segala macam kebutuhan baik sebagai sarana mobilitas keluarga maupun kendaraan operasional yang fungsional.

Apalagi, produk yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 197 juta ini kini telah mengalami sejumlah improvement yang signifikan. Mulai dari pengegaran bagian front end yang tampil lebih dinamis berkat desain baru pada bumper, grille dan head light.

Performanya pun telah ditingkatkan lewat penerapan mesin dual VVT-i yang terbukti efisien dan bertenaga. Apalagi, kini produk yang ditawarkan dalam opsi mesin 1,3 liter dan 1,5 liter itu juga telah mengalami penyesuaian suspensi dan penerapan body structure & sound insulation materials terbaru sehingga mobil ini mampu memberikan kenyaman dan kesenyapan kabin saat berkendara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement