Selasa 05 Jan 2021 11:07 WIB

Southampton, Tim yang Paling Sering Kalahkan Juara Bertahan

Southampton sudah mengalahkan tujuh tim juara bertahan.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Para pemain Southampton merayakan keberhasilan mengalahkan Liverpool.
Foto: EPA-EFE/Naomi Baker
Para pemain Southampton merayakan keberhasilan mengalahkan Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Southampton berhasil menaklukan Liverpool di Stadion St Mary's, Southampton, Kamis (5/1) dini hari WIB. Skor tipis 1-0 itu sekaligus menjadi kemenangan pertama Southampton dari Liverpool sejak 2016. 

Dilansir dari laman The World Games, Southampton bukan hanya menang dari tim yang saat ini berada puncak klasemen, tapi juga mencetak sejarah sebagai tim Liga Primer yang mampu mengalahkan 7 juara bertahan. Tim-tim tersebut, yakni adalah Liverpool, Manchester United, Manchester City, Blackburn Rovers, Leicester City, Chelsea, dan Arsenal. Berikut catatannya.

Baca Juga

Blackburn Rovers

Southampton menjual Alan Shearer ke Blavkburn pada 1992 silam. Tiga tahun kemudian, Shearer membawa gelar pertama dan satu-satunya untuk Blackburn Rovers. Pada musim berikutnya, Blackburn menyelesaikan kompetisi di urutan tujuh dan Southampton sedang berusaha menghindari degradasi.

Keduanya bertemu di The Dell, Brieley Hill pada 6 April 1996. Laga hidup mati Southampton itu berakhir dengan kemenangan tipis 1-0 atas Blackburn dari tendangan penalti Maty Le Tissier pada menit ke-80.

Manchester United

Southampton secara sensasional mengalahkan juara bertahan Manchester United. Tak tanggung-tanggung, skor 6-3 terjadi pada 26 Oktober 1996 lewat masing-masing dua gol dari Eyal Berkovic dan Egil Ostenstad. Le Tissier pun turut berkontribusi pada kemenangan itu

Southampton juga mengalahkan Manchester United yang mempertahankan gelar pada musim 1997/1998, 2000/2001 dan 2003/2004.

Arsenal 

The Gunners adalah tim terbaik pada musim 2001/2002. Namun Southampton kembali menunjukkan ketangguhannya menaklukan sang juara bertahan di Stadion St Mary's pada November musim berikutnya. James Beattie mencetak dua gol dan gol bunuh diri Kolo Toure menandakan akhir laga 3-2 untuk kemenangan Southampton.

Manchester City

Di awal masa jabatan Mauricio Pochettino, Southampton mengalahkan juara bertahan Manchesyer City di Stadion St Mary's pada Februari 2013 dengan skor akhir 3-1.

Kemenangan mereka termasuk gol bunuh diri yang cukup sensasional dari Gareth Barry, yang tidak disengaja ke sudut kanan bawah gawang City menutup memastikan kemenangan Southampton. Mereka kembali mengalahkan Manchester City musim lalu dengan kemenangan 1-0 pada Juli. Namun, saat itu Liverpool sudah dipastikan juara mengalahkan tim asuhan Pep Guardiola.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement