Selasa 05 Jan 2021 06:04 WIB

Ini Penerima Vaksin 4 Tahap di Kota Bekasi 

Proses vaksinasi secara keseluruhan akan berjalan hingga Maret 2022.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Ratna Puspita
[Ilustrasi] Petugas melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac.
Foto: DAVID MUHARMANSYAH/ANTARA
[Ilustrasi] Petugas melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi akan melakukan vaksinasi Covid-19 dalam waktu dekat. Rencananya, vaksin akan disuntikkan mulai Januari hingga April 2021 untuk tenaga kesehatan sebanyak 11.983 orang. Namun, proses vaksinasi secara keseluruhan akan berjalan hingga Maret 2022. 

"Tahap pertama yang mendapatkan tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezy Syukrawati, Senin (4/1).

Baca Juga

Selanjutnya, pada tahap kedua vaksin diberikan kepada petugas pelayanan publik seperti TNI, Polri, dan petugas pelayanan umum lainya. Dezy mengatakan, dinas kesehatan bertindak sebagai user, sementara data penerima akan diurus pihak terkait.

“Nanti data TNI dan polri juga dari data terkait, kita user, tinggal pakai,” terang dia.

Selain itu, pada tahap dua, vaksin juga akan disuntikkan kepada petugas pelayanan publik lainnya meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberi pelayanan pada masyarakat. “Selain itu pada tahap dua juga ada vaksinasi kelompok usia lanjut kurang dari 60 tahun,” ujarnya.

Untuk tahap ketiga, dengan jadwal pelaksanaan April 2021-Maret 2022 baru akan menyasar masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. Selanjutnya, pada tahap keempat, vaksinasi akan menyasar masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin. 

photo
Kelompok Prioritas Vaksinasi Covid-19 - (republika/mardiah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement