Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Ini Penerima Vaksin 4 Tahap di Kota Bekasi 

Selasa 05 Jan 2021 06:04 WIB

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Ratna Puspita

[Ilustrasi] Petugas melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac.

[Ilustrasi] Petugas melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac.

Foto: DAVID MUHARMANSYAH/ANTARA
Proses vaksinasi secara keseluruhan akan berjalan hingga Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi akan melakukan vaksinasi Covid-19 dalam waktu dekat. Rencananya, vaksin akan disuntikkan mulai Januari hingga April 2021 untuk tenaga kesehatan sebanyak 11.983 orang. Namun, proses vaksinasi secara keseluruhan akan berjalan hingga Maret 2022. 

"Tahap pertama yang mendapatkan tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezy Syukrawati, Senin (4/1).

Selanjutnya, pada tahap kedua vaksin diberikan kepada petugas pelayanan publik seperti TNI, Polri, dan petugas pelayanan umum lainya. Dezy mengatakan, dinas kesehatan bertindak sebagai user, sementara data penerima akan diurus pihak terkait.

Baca Juga

“Nanti data TNI dan polri juga dari data terkait, kita user, tinggal pakai,” terang dia.

Selain itu, pada tahap dua, vaksin juga akan disuntikkan kepada petugas pelayanan publik lainnya meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberi pelayanan pada masyarakat. “Selain itu pada tahap dua juga ada vaksinasi kelompok usia lanjut kurang dari 60 tahun,” ujarnya.

Untuk tahap ketiga, dengan jadwal pelaksanaan April 2021-Maret 2022 baru akan menyasar masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. Selanjutnya, pada tahap keempat, vaksinasi akan menyasar masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin. 

photo
Kelompok Prioritas Vaksinasi Covid-19 - (republika/mardiah)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA