Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Muslim Khawatir dengan Kebangkitan Islamofobia di Jerman

Selasa 05 Jan 2021 05:41 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Muslim Khawatir dengan Kebangkitan Islamofobia di Jerman. Gereja Martha Lutheran di Berlin, Jerman menjadi lokasi sholat Jumat umat Muslim karena keterbatasan ruang di masjid imbas Covid-19, Jumat (22/5).

Foto:
Makin banyak masjid dan Muslim di Jerman jadi sasaran islamofobia.

Menurut angka resmi, polisi mencatat 632 kejahatan Islamofobia terjadi di Jerman dari Januari hingga November 2020. Termasuk di dalamnya penghinaan, surat ancaman, gangguan praktik keagamaan, serangan fisik dan kerusakan properti.

Menurut Ergun, bisa jadi angka sebenarnya lebih tinggi karena masih banyak korban yang tidak mengajukan pengaduan pidana ke polisi. Alasan mereka tidak melaporkan karena ketidakpercayaan mereka pada penegak hukum di negaranya.

Ketua ATIB, salah satu organisasi kebudayaan Muslim-Turki terbesar di Jerman, Durmus Yildirim mengkritik politikus populis sayap kanan karena menghasut kebencian dan diskriminasi terhadap imigran dan Muslim. "Kami ingin mengakhiri retorika rasialis dan populis ini, upaya harus dilakukan untuk hidup berdampingan secara damai," kata Yildirim.

Menurut Yildirim, komunitas Turki yang berjumlah tiga juta orang di negara itu tidak akan menyerah pada ancaman oleh kelompok dan partai sayap kanan. “Kami bagian dari Eropa, kami hidup bersama di sini. Generasi ketiga, keempat kami lahir dan besar di Jerman, ini juga menjadi tanah air kami,” ujarnya.

Sebagai negara berpenduduk lebih dari 80 juta orang, Jerman memiliki populasi Muslim terbesar kedua di Eropa Barat setelah Prancis. Di antara hampir 4,7 juta Muslim di negara itu, tiga juta berasal dari Turki.

Negara ini telah menyaksikan meningkatnya rasialisme dan islamofobia dalam beberapa tahun terakhir, yang dipicu oleh propaganda kelompok neo-Nazi dan partai oposisi sayap kanan AfD. Mereka berusaha untuk menimbulkan ketakutan terhadap Muslim dan imigran untuk memenangkan lebih banyak suara.

 

https://www.aa.com.tr/en/europe/muslims-concerned-about-rise-of-islamophobia-in-germany/2098097

sumber : Anadolu Agency
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA