Senin 04 Jan 2021 23:14 WIB

Arteta Sebut Tierney Calon Kapten Arsenal Masa Depan

Performa Tierney pun terus mengalami peningkatan, terutama soal membantu lini serang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kieran Tierney dari Arsenal
Foto: EPA-EFE/Rui Vieira
Kieran Tierney dari Arsenal

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Posisi bek kiri Arsenal pada musim ini tampaknya sudah menjadi milik Kieran Tierney. Pemain asal Skotlandia itu menjadi andalan pelatih Mikel Arteta dalam mengawal sisi kiri pertahanan The Gunners. Hanya absen di satu laga yang telah dilakoni Arsenal di pentas Liga Primer Inggris musim ini, bek berusia 23 tahun itu menjadi starter dalam 16 laga.

Performa Tierney pun terus mengalami peningkatan, terutama dalam membantu lini serang. Setelah menyumbang satu assist kala Arsenal membungkam Chelsea, 3-1, di laga Boxing Day, Tierney sukses mengemas satu gol dan satu assist saat The Gunners mencukur West Browmich Albion, 4-0, akhir pekan lalu.

Arteta pun menilai, eks pemain bertahan Glasgow Celtic itu memiliki semua kualifikasi untuk bisa menjadi kapten The Gunners pada masa mendatang. ''Dia dihormati dan dikagumi oleh rekan-rekan setimnya. Dia mungkin, orang yang pemalu, tapi dia mewakili nilai-nilai yang ingin kami bangun di tim ini,'' tutur Arteta seperti dilansir Express, Senin (4/1).

Kendati begitu, awal kiprah Tierney di Arsenal sebenarnya tidak berjalan mulus. Direkrut dari Celtic dengan banderol transfer mencapai 25 juta poundsterling pada awal musim lalu, Tierney hanya tampil di 25 laga pada musim debutnya di tim asal London Utara tersebut. 

Serangkaian cedera, mulai dari cedera bahu dan pinggul, membuat Tierney mengalami kesulitan untuk bisa bersaing di tim utama The Gunners. Namun, ceritanya berbeda pada musim ini. Tierney telah benar-benar pulih dari cedera dan bisa menjaga kebugarannya. Hingga jelang pertengahan musim ini, Tierney telah tampil di 21 laga dan mencetak satu gol dan dua assist. Catatan ini pun kemungkinan besar akan terus bertambah.

Arteta mengaku terkesan dengan perkembangan yang ditunjukan Tierney pada musim keduanya berseragam The Gunners. ''Saat dia pertama datang ke klub ini, dia membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Belum lagi dengan serangkaian cedera. Namun, dia memiliki bakat kepemimpinan. Anda bisa melihat bagaimana dia bersikap di atas lapangan dan saat dia bicara, dia mengatakan sesuatu yang benar. Kualitas inilah yang kami cari,'' kata mantan gelandang dan kapten Arsenal tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement