Selasa 05 Jan 2021 01:25 WIB

5 Makanan Sehat Bantu Tingkatkan Harapan Hidup

Tak ada cara ajaib untuk bisa menjamin dan memperpanjang umur manusia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Tak ada cara ajaib untuk bisa menjamin dan memperpanjang umur manusia (Foto: ilustrasi)
Foto: Dailymirror
Tak ada cara ajaib untuk bisa menjamin dan memperpanjang umur manusia (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak ada cara ajaib untuk bisa menjamin dan memperpanjang umur manusia. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang dapat membantu meningkatkan harapan hidup ini.

Sebagian faktor di antaranya merupakan faktor-faktor yang tak dapat dikontrol, seperti faktor genetik dan keberuntungan. Sebagian lainnya merupakan faktor-faktor yang bisa dikontrol.

Baca Juga

Salah satu contohnya adalah mengelola stres yang dikatakan dapat menambah harapan hidup hingga enam tahun. Olahraga lima hari per pekan juga dapat menambah harapan hidup sebesar 2-4 tahun.

Yang tak kalah penting adalah menjaga pola makan yang sehat dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Cara ini dinilai dapat menambah harapan hidup hinga lima tahun.

Direktur USDA-Human Nutrition Research Center on Aging Simin Nikbin Meydani PhD mengungkapkan ada lima jenis makanan yang dapat membantu memperpanjang harapan hidup. Berikut ini adalah kelima jenis makanan tersebut, seperti dilansir CookVita, Senin (4/1).

Kacang

Kacang-kacangan seperti kenari dan pistachio dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Seperti diketahui, penyaki kardiovaskular merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Akan tetapi, tak perlu mengonsumsi kacang secara berlebihan. Cukup konsumsi segenggam kacang saja per hari.

Sayur

Sayur perlu selalu ada di dalam pola makan sehari-hari. Upayakan untuk menyantap lima porsi sayur dan buah setiap hari. Pola makan seperti ini dapat membantu menurunkan risiko kanker, strok, dan penyakit kardiovaskular.

Ikan

Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan sebanyak 2-3 kali per minggu. Salah satu dari ikan yang dikonsumsi sebaiknya ikan berminyak seperti tuna, salmon, makarel, sarden, atau haring. Ikan seperti ini mengandung asam lemak omega-3 yang diketahui dapat menurunkan risiko penyakit yang menyebabkan inflamasi.

Yogurt

Minuman ini diketahui kaya akan probiotik. Konsumsi yogurt dikatakan berpotensi membantu meningkatkan imun. Sebaiknya konsumsi yogurt yang rendah lemak.

Serat

Asupan serat memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi setidaknya 25 gram serat per hari. Serat bisa didapatkan melalui banyak makanan, mulai dari biji-bijian atau gandum utuh, buah, dan sayur. Pola makan kaya serat dikatakan dapat menurunkan risiko kematian akibat berbagai penyakit menurut peneliti National Cancer Institute.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement