Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Top 5 News: Risma ke Kolong Jembatan, Fachrul Izinkan FPI?

Senin 04 Jan 2021 18:33 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Foto: Dok Kemensos
Jack Ma, dari pujaan kini menjelma menjadi musuh nomor satu China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru beberapa hari menjabat, Menteri Sosial Tri Rismaharini membuat publik DKI Jakarta terhenyak. Ia mendatangai kolong jembatan di Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Jakarta Timur, dan meminta tempat itu diperbaiki dan diubah agar tidak ada tunawisma tinggal di sana.

Kabar dari Risma itu menyebar di media sosial. Ramai-ramai warganet ramai-ramai berkomentar. Ada yang memuji, ada yang berspekulasi atas gerakan tersebut. Di luar dari itu, berita tersebut merangsek ke jajaran berita terpopuler Republika.co.id, Ahad (3/1).

1. HNW Duga Fachrul Razi Digantikan Jabatannya karena FPI
JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menduga mantan menteri agama (Menag) Fachrul Razi kehilangan jabatannya karena memberi izin pada ormas Front Pembela Islam (FPI). Alasan inilah yang menurutnya membuat Kemenag tak hadir dalam pernyataan bersama pembubaran Front Pembela Islam (FPI).

Pemerintah mengumumkan pembubaran FPI melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) enam menteri SKB tentang larangan kegiatan penggunaan simbol dan atribut serta penghentian kegiatan Front Pembela Islam (FPI) pada Rabu (30/12/2020). 

Mantan Menteri Agama Fachrul Razi

Enam menteri yang menandatangani SKB tersebut, antara lain, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Idham Azis, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Pol Boy Rafli Amar.

"FPI itu ormas keagamaan, makanya syarat dapat izinnya dari Kemenag, tapi kenapa Kemenag tidak dilibatkan dalam SKB. Apakah karena mantan Menag Fachrul Razi sudah keluarkan persetujuan perpanjangan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) bagi FPI, karena itu jangan-jangan beliau diganti dari posisi sebagai menteri," kata HNW pada Republika, Sabtu (2/1).

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Usai Didatangi Risma, Kolong Jembatan Dirapikan Jadi Taman
JAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) bakal mengubah kolong jembatan di Kelurahan Pegangsaan, Menteng, menjadi taman. Tujuannya agar tak ada lagi tunawisma yang tinggal di sana. Langkah ini diambil usai Menteri Sosial Tri Rismaharini mendapati sejumlah tunawisma tinggal di sana.

"Kita tak mau kolong jembatan ini jadi kumuh, nanti ditempati tunawisma lagi,” kata Plh Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi di Jakarta, Ahad (3/1).

Sejumlah petugas PPSU mengangkut lemari saat menertibkan hunian liar di kolong jembatan Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Sebanyak 12 hunian liar ditertibkan oleh petugas dari Kelurahan Pegangsaan, setelah sebelumnya Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan sidak di kolong jembatan tersebut.

Irwandi menjelaskan, pihaknya sebenarnya sudah berulang kali mengosongkan kolong jembatan tersebut. Namun, para pemulung selalu saja kembali menetap di sana. Agar mereka tak lagi kembali, Irwandi pun bakal mengubah kolong jembatan itu menjadi taman.

“Kali ini saya mau tuntaskan. Kolong jembatan ini akan kita buat taman, jadi akses jalan warga. Menjadi tempat penyeberangan orang, melalui kolong jembatan ini,” kata Irwandi.

Baca berita selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA