Senin 04 Jan 2021 17:35 WIB

Gunungapi Sinabung Erupsi, Kolom Abu Setinggi 1.000 Meter

Masyarakat diminta dapat mengamankan sarana air bersih dan membersihkan atap dari abu

 Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunungapi Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, telah bererupsi selama tiga kali pada Senin (4/1).
Foto: BNPB
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunungapi Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, telah bererupsi selama tiga kali pada Senin (4/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunungapi Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, telah bererupsi selama tiga kali pada Senin (4/1). Pada erupsi kedua tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 1.000 meter.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan erupsi pertama terjadi pada pukul 08.54 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 700 meter di atas puncak atau sekitar 3.160 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong kearah barat dan barat laut.

Baca Juga

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan durasi sekitar 2 menit 34 detik," ujarnya seperti dalam siaran pers, Senin (4/1).

Kemudian, Raditya mengatakan, erupsi kedua terjadi pada pukul 11.50 WIB, dengan tinggi kolom abu lebih kurang 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 3.460 meter di atas permukaan laut. Kolom abu kelabu tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan durasi sekitar 1 menit 57 detik.

Selanjutnya, erupsi yang ketiga terjadi pada pukul 14.12 WIB dengan tinggi kolom abu sekitar 1.000 meter di atas puncak atau kurang lebih 3.460 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan durasi sekitar 1 menit 53 detik.

"Saat ini Gunungapi Sinabung berada pada Status Level III (Siaga)," kata Raditya.

Dalam hal ini, Raditya menegaskan, masyarakat dan pengunjung/wisatawan diimbau agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer (km) dari puncak Gunungapi Sinabung. Termasuk pada radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Apabila kemudian terjadi hujan abu, maka masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu, masyarakat diminta agar dapat mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang tinggal dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunungapi Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," ujar Raditya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement