Senin 04 Jan 2021 13:07 WIB

Destinasi Wisata Gua Populer di Oman

Ada Destinasi Wisata Gua Populer di Oman.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Destinasi Wisata Gua Populer di Oman
Foto: Timesofoman
Destinasi Wisata Gua Populer di Oman

IHRAM.CO.ID, MUSCAT -- Selain pegunungan yang menjulang tinggi, pantai yang mempesona dan gurun yang luar biasa, Oman juga dikenal dengan gua-guanya. Ditemukan dalam berbagai jenis dan ukuran, gua di Oman cukup populer di kalangan wisatawan.

Ada banyak gua di Provinsi Dhofar, Oman. Beberapa di antaranya memiliki mata air di dekatnya. Seperti Gua Al Marneef misalnya, yang terletak di sekitar 40 kilometer dari Salalah, di kawasan Al Mughsayl.

Baca Juga

Gua Al Marneef merupakan salah satu gua terindah dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dan penduduk Oman. Menurut Kementerian Pariwisata Oman, Gua Marneef dekat dengan Pantai Al Mughsayl, yang merupakan salah satu tempat piknik yang paling disukai penduduk dan turis Salalah.

“Ada banyak bangku di samping gua, di mana wisatawan dapat duduk dan mengambil pemandangan gua atau Pantai Mughsayl atau lubang sembur di sisinya. Ini benar-benar tempat yang bagus untuk melihat pemandangan sekitarnya,” kata Kementerian Pariwisata Oman dikutip dari Timesofoman, Senin (4/12).

Di kaki Jabal Syams, juga ada Gua Al Hoota yang terkenal. Sekitar dua jam perjalanan dari ibukota Muskat dan setengah jam dari Nizwa. Dikenal sebagai salah satu rahasia paling terjaga di Kesultanan Oman, tempat ini memiliki ekosistem yang kaya yang mencakup empat danau.

Gua Al Hoota ini juga terkenal sebagai tempat tinggal ikan buta yang langka, Garra Barreimae, yang lebih dikenal dengan ‘Bu Naseh’. Ada banyak spesies lain yang hidup di dalam gua ini, termasuk kelelawar, artropoda, moluska, laba-laba, siput, dan kumbang tanduk.

Gua tersebut membentang sejauh 5 kilometer di bawah tanah, tetapi hanya dapat diakses dengan jarak 860 meter, dan berakhir di Danau Gua. "Gua ini memiliki dua lubang tempat air yang mengalir dari puncak gunung masuk melalui lubang (Al Hoota), dan keluar melalui lubang (Al Falaah) lainnya setelah melewati lorong gua yang terhubung,” kata Kementerian Pariwisata Oman.

Danau Gua Al Hoota terletak di ujung jalan setapak. Kedalamannya 20 meter, tapi ada banyak bagian yang kedalamannya melebihi itu. Dikabarkan meluas hingga Lembah Tanuf di wilayat Nizwa. Danau itu berisi beberapa spesies Ikan buta. Bahkan, terdapat jenis ikan buta yang langka yang berwarna merah jambu.

Fitur menarik seperti stalagmit dan stalaktit juga menjadi daya tarik utama Gua Al Hoota ini. Beberapa gua terkenal lainnya adalah Gua Abu Habban di Wilayat Dimma di Al Sharqiyah Utara dan Gua Al Kittan di Ibri.

Selain itu, Gua Al Kittan juga dikenal sebagai gua marmer dan memiliki formasi geologi dan ukiran batu yang indah. Beberapa gua lain di Oman adalah Gua Jernan di Izki, Gua Majlis Al Jinn di kaki pegunungan Al Hajar bagian timur dan Gua Muqal di Wadi Bani Khalid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement