Senin 04 Jan 2021 12:17 WIB

Ekosistem Plankton di Artik Berantakan Gara-Gara Es Mencair

Plankton harus hibernasi lebih cepat agar tak kehabisan makanan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
plankton (ilustrasi)
Foto: australianmuseum.net.au
plankton (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Zooplankton kecil di tengah jaring makanan Arktik dipaksa mengakhiri hibernasi laut musim dingin mereka lebih awal di daerah di mana es laut mencair. Hal ini membuat seluruh ekosistem lokal menjadi berantakan.

Plankton, yang dikenal sebagai copepoda dan berukuran hanya 5mm, secara tradisional menyelam beberapa ratus meter ke dalam air untuk berhibernasi di musim dingin. Plankton selalu hibernasi ketika tidak ada cahaya alami karena matahari selalu berada di bawah cakrawala. Mereka biasanya kembali ke permukaan ketika es mencair, cahayanya kembali dan ganggang yang mereka makan mulai mekar.

Baca Juga

Namun tambaknya makhluk kecil ini harus mengubah gaya hidup mereka secara radikal. Pencairan es telah membuat alam berantakan, membuat waktu mekarnya musim semi bervariasi dari satu tahun ke tahun berikutnya dan jauh lebih sulit untuk diprediksi.

Akibatnya, plankton tampak muncul ke permukaan lebih awal, dalam beberapa kasus bahkan pada awal Januari. Mereka perlu muncul lebih awal untuk memastikan mereka tidak melewatkan sarapan alga saat mekarnya musim semi.

Meskipun itu terlalu dini, mereka tampaknya bekerja atas dasar bahwa lebih baik datang lebih awal dan menunggu daripada berisiko terlambat dan tidak menemukan makanan yang tersisa ketika mereka muncul ke permukaan.

Menurut Laura Hobbs, dari Scottish Association for Ilmu Kelautan (SAMS) perubahan kebiasaan ini tidak dianggap enteng. Sebab, energi yang dibutuhkan untuk naik ke permukaan cukup besar.

"Naik ke permukaan bukanlah hal yang sepele, itu membutuhkan banyak energi. Jika kita meningkatkannya menjadi istilah manusia, itu setara dengan berenang lima puluh mil atau lebih. Berenang terlalu dini akan menghabiskan banyak energi, dan itu waktu yang lama untuk menunggu makanan Anda berikutnya," kata Dr Hobbs, juga dari University of Strathclyde, dilansir di INews.co.uk, Senin (4/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement