Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Barcelona Menang Tipis di Markas Huesca

Senin 04 Jan 2021 04:57 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Bek Huesca Javi galan (kanan) berebut bola dengan gelandang Barcelona Frenkie De Jong dalam pertandingan La Liga Spanyol, Senin (4/1) dini hari WIB. De Jong mencetak gol kemenangan Barcelona 1-0.

Bek Huesca Javi galan (kanan) berebut bola dengan gelandang Barcelona Frenkie De Jong dalam pertandingan La Liga Spanyol, Senin (4/1) dini hari WIB. De Jong mencetak gol kemenangan Barcelona 1-0.

Foto: EPA-EFE/JAVIER BLASCO
Frenkie De Jong mencetak gol kemenangan Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, HUESCA -- Gol semata wayang Frenkie de Jong membuat Barcelona pulang dengan tiga poin saat bertandang ke markas Huesca di Stadion El Alcoraz, Senin (4/1) dini hari WIB. Barcelona menaklukkan Huesca 1-0 pada laga pekan ke-17 La Liga Spanyol 2020/2021.

Meski mampu menguasai jalannya pertandingan dan tercatat melepas 24 tembakan ke gawang Huesca, tapi hanya satu gol tercipta ke gawang tim juru kunci tersebut via De Jong. Kemenangan membuat Barcelona naik satu posisi ke peringkat lima klasemen dengan 28 poin dari delapan kemenangan, empat imbang, dan empat kekalahan. Los Cules tertinggal 10 poin dari Atletico Madrid di kursi pertama La Liga Spanyol.

Baca Juga

Kemenangan ini juga mempertahankan rekor apik Barca dengan catatan enam laga tak pernah kalah, dua seri, dan empat menang.

Sebagaimana yang diprediksi pada sebelumnya, Barcelona yang sangat diunggulkan memimpin jalannya laga. Terlebih lawan yang mereka hadapi adalah Huesca, tim penghuni zona degradasi.

Peruntungan pertama Barca hadir pada menit ketujuh melalui gelandang tengah Pedri. Sang pemain melakukan tembakan dengan kaki kanan dari bagian tengah kotak penalti usai menerima operan Martin Braithwaite.

Namun sayang upaya tersebut masih bisa diantisipasi dengan sigap oleh penjaga gawang Huesca, Fernandez.

Barcelona masih terlalu superior bagi Huesca, permainan bola dari kaki ke kaki dengan pergerakan cepat membuat seluruh pemain tuan rumah ketar-ketir. Penguasaan bola pun mampu dikuasai Los Azulgrana dengan catatan 80 persen berbanding 20 persen.

Gol yang ditunggu hadir pada menit ke-27 lewat sentuhan manis Frenkie de Jong. Berawal dari umpan silang Lionel Messi dari sebelah kiri, pemain asal Belanda langsung menusuk ke dalam kotak penalti dan mengirim bola ke sudut kanan bawah gawang Fernandez. Skor 1-0 untuk Barca.

Sepertinya fokus Huesca hanya mencoba bertahan, pasalnya hingga memasuki menit ke-35 mereka tak mampu mengembangkan permainan dan kerap mendapat tekanan tinggi dari Lionel Messi dan kawan-kawan.

Peluang baik bagi Huesca hanya hadir pada menit ke-38, pasukan Miguel Angel Sanchez mendapat tendangan sepak pojok pertama meski tak cukup membuat kemelut di depan gawang Ter Stegen.

Nyaris, menit ke-40 megabintang Messi hampir mencatatkan namanya di papans skor melalui tendangan bebas dari sisi tengah gawang Huesca yang membentur atas mistar gawang Fernandez. 

Tak jauh berbeda dengan babak pertama, interval kedua masih dikuasi oleh tim tamu. Percobaan pertama Barcelona hadir lewat Ousmane Dembele.

Usai menerima umpa manis Clement Lenglet, penyerang asal Prancis melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kota 16. Namun, bola masih mendarat mulus di pelukan kiper Huesca, Fernandez.

Pelatih Huesca, Miguel Angel Sanchez menyegarkan skuadnya. Ia berharap para pemain mampu menerapkan skema serangan balik cepat untuk bisa menyamakan kedudukan.

Sebanyak empat pemain secara langsung diganti, di antaranya Shinji Okazaki masuk menggantikan Sergio Gomez, dan gelandang cepat Idrissa Doumbia mengisi peran Mikel Rico.

Upaya tersebut nyaris berhasil. Lewat skema serangan balik Huesca mampu membahayakan lini belakang Barca pada menit ke-73. Javier Ontiveros mendapat umpan terobosan Doumbia, dan langsung melayangkan tembakan keras menggunakan kaki kanannya.

Namun, kiper Marc Andre Ter Seten dengan cermat berada di posisi ideal untuk menghalau bola yang dilepas oleh penyerang sayap kiri tersebut. Tak ada tambahan gol hingga peluit panjang berbunyi. Skor tipis 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Barcelona.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA