Senin 04 Jan 2021 00:20 WIB

Man City Perkasa, Ungguli Chelsea 3-0 pada Babak Pertama

Chelsea menjamu Manchester City di Stamford Bridge.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Playmaker Manchester City Kevin De Bruyne (kiri) merayakan golnya ke gawang Chelsea.
Foto: EPA-EFE/Shaun Botteril
Playmaker Manchester City Kevin De Bruyne (kiri) merayakan golnya ke gawang Chelsea.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea kesulitan meredam daya ledak Manchester City pada laga pekan ke-17 Liga Primer Inggris 2020/2021. The Blues untuk sementara sudah tertinggal 0-3 pada babak pertama laga yang berlangsung di Stadion Stamford Bridge, Senin (4/1) dini hari WIB.

Meski menyajikan pertandingan menarik dengan jual beli serangan, Man City lebih tajam dalam mengeksploitasi kelemahan tuan rumah. Tak ayal, Chelsea harus kebobolan tiga gol. Padahal, City bermain tanpa penyerang murni atau menggunakan false nine. Bernardo Silva dipasang sebagai ujung tombak oleh PepGuardiola.

Baca Juga

Jalannya laga

Tuan rumah langsung menekan sejak peluit babak pertama berbunyi. Kesalahan terjadi saat gelandang Manchester City Rodri melepas backpass yang diambil langsung oleh kiper Steffen. Wasit pun memberikan tembakan bebas pertama di tepi kotak penalti pada menit keempat. Beruntung sepakan Hakim Ziyech masih berhasil dihalau pagar betis, Ilkay Guendogan.

Butuh waktu 10 menit untuk City beradaptasi dengan permainan Chelsea. Hasilnya, gol pertama didapat pasukan Pep Guardiola hadir pada menit ke-18 melalui Guendogan. 

Usai menerima operan pendek dari Phil Foden, Guendogan berbalik badan dan langsung melepas tembakan yang tak bisa diantisipasi penjaga gawang Chelsea Edouard Mendy.

Tak butuh waktu lama bagi tim tamu sukses memperlebar skor. Hanya berselang dua menit the Citizens kembali memaksa kiper Mendy memungut bola dari dalam gawangnya. Sisi sebalah kanan armada Frank Lampard terlihat menjadi titik lemah pada laga kali ini. Berawal dari pergerakan sang kapten De Bruyne dari sebelah kanan gawang Mendy, pemain asal Belgia itu langsung mengirim umpan ke depan bibir gawang Chelsea. Foden yang berdiri bebas dengan mudah meneruskan bola ke sisi pojok gawang the Roman Emperor.

Chelsea mengurung pertahanan Man City, tetapi mereka kesulitan menemukan ruang tembak. Sebab, para pemain City dengan disiplin menutup alur operan mereka. Alhasil, bola yang sudah berada di depan, kerap dikembalikan lagi ke belakang untuk mengatur serangan dari awal. Ini membuat City nyaman dalam bertahan walau tak menguasai bola.

Hingga memasuki tengah pertandingan total City telah melepas delapan tembakan dengan empat tembakan mengarah tepat ke gawang Chelsea. Namun untuk urusan penguasaan bola keduanya tak menunjukkan perbedaan yang mencolok. Hanya, the Blues baru melepas satu tembakan ke gawang lawan.

Gol ketiga hadir bermula dari sepakan bebas Chelsea yang gagal, N'Golo Kante salah mengoper bola yang berbuntut Raheem Sterling melaju seorang diri ke arah gawang. Akan tetapi, Sterling tampak terlambat mengambil keputusan. Tembakannya terhalang mistar. Namun De Bruyne datang pada saat tepat. Ia mencocor bola liar ke sudut gawang yang kosong. Hingga peluit istirahat berbunyi, skor 3-0 untuk keunggulan the Eastland tetap bertahan. 

Susunan pemain kedua tim

Chelsea (4-3-3): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Thiago Silva, Ben Chilwell; Mateo Kovacic, N'Golo Kante, Mason Mount; Hakim Ziyech, Timo Werner, Christian Pulisic.

Pelatih: Frank Lampard

Manchester City (4-2-3-1): Zack Steffen; Joao Cancelo, John Stones, Ruben Dias, Oleksandr Zinchenko; Ilkay Guendogan, Rodri; Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, Phil Foden; Bernardo Silva.

Pelatih: Pep Guardiola

BACA JUGA: Jack Ma Hilang Setelah Kritik Pemerintah China, Kemana Dia?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement