Ahad 03 Jan 2021 19:24 WIB

Ekspedisi Tebar 1000 Quran di Pelosok Bogor Barat

Sekitar 45 relawan mendistribusikan 1000 Alquran ke sejumlah wilayah bencana

LAZ Nahwa Nur sebagai Lembaga Amil Zakat Tingkat Kabupaten Bogor  mempunyai program Tebar 10.000 Alquran di Kabupaten Bogor. Dengan menggandeng Yayasan Salam Sejahtera, SBN Fondation dan beberapa komunitas mengadakan Expedisi Tebar Quran di wilayah Bogor Barat.
Foto: istimewa
LAZ Nahwa Nur sebagai Lembaga Amil Zakat Tingkat Kabupaten Bogor mempunyai program Tebar 10.000 Alquran di Kabupaten Bogor. Dengan menggandeng Yayasan Salam Sejahtera, SBN Fondation dan beberapa komunitas mengadakan Expedisi Tebar Quran di wilayah Bogor Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG--Salah satu hal yang menjadi konsen LAZ Nahwa Nur (NN) adalah dawah Alquran, dimasa pandemi ini interaksi muslim terhadap Al Quraan perlu terus dipupuk dan ditingkatkan. Banyak wilayah di kabupaten Bogor baik itu masjid, mushola, majelis taklim maupun pesantren yang sudah tidak memiliki Alquran yang baik. LAZ Nahwa Nur sebagai Lembaga Amil Zakat Tingkat Kabupaten Bogor  mempunyai program Tebar 10.000 Alquran di Kabupaten Bogor. Dengan menggandeng Yayasan Salam Sejahtera, SBN Fondation dan beberapa komunitas mengadakan Expedisi Tebar Quran di wilayah Bogor Barat.

Ketika banyak orang yang lain sibuk memikirkan liburan akhir tahun, tidak dengan sekitar 45 relawan Ekspedisi Quran. Team relawan yang tergabung dalam Ekspedisi tebar 1000 Quran mendistribusikan Alquran tanggal 25 hingga 27 Desember 2020 Pendistribusian disalurkan ke wilayah pasca bencana kabupaten Bogor yaitu kecamatan Sukajaya. Setelah sebelumnya pernah juga mendistribusikan ke wilayah Sukabumi dan Pacitan. Ekspedisi Qur'an kali ini diinisiasi oleh Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur (LAZ NN) dan juga Sahabat Bangun Negeri (SBN) Foundation dan relawan gabungan dari AVI Ikasmabangsa dan Komunitas Bani Kosim Peduli (BKP) dan juga yayasan Salam Sejahtera.

Dengan melibatkan tak kurang dari 45 relawan, Aris Suryono, salah satu perwakilan dari LAZ Nahwa Nur yang juga ikut turun untuk mendistribusikan Qur'an mengatakan akan mendistribusikan Qur'an dengan mengendarai sepeda motor bahkan tak sedikit harus jalan kaki dikarenakan medan yg tidak memungkinkan untuk dilalui motor. "Jalan berbatu licin dan berlumpur kita akan lalui demi tersampaikannya Alquran di lokasi pascabencana," katanya. 

Salah satu yang kami temui adalah Pondok Pesantren Sharful Anam yang berada di Desa Cileuksa Kecamatan Sukajaya dengan jumlah santri mencapai 30 santri laki-laki dan 20 santri perempuan yang sangat membutuhkan Alquran. Dikarenakan Alquran yang mereka miliki itu sudah mulai rusak. "Alquran dikirim ke pesantren kesini karena pesantren ini gratis, bahkan sampai makan pun gratis, jadi sangat perlu kita support, teman-teman pasti akan sangat sedih jika melihat realita yang terjadi disana, kobong-kobong di dalam sana sangat sangat memprihatinkan dengan bangunan yang sederhana dengan fasilitas yang minim, makanya kami dan relawan Semua bersilaturahim untuk mensupport apa yang bisa kami bantu," kata mang Ikin, salah seorang relawan.

Perjalanan 3 hari membagikan Alquran ke pelosok Bogor Barat menjadi kenangan tersendiri bag relawan, banyak cerita dan hikamah yang bisa mereka ambil. Medan perjalanan yang cukup sulit dilalui, mereka lalui dengan suka cita. Cape dan lelah mereka sirna manakala melihat para santri dan anak anak penerima Quran tersenyum bahagia mendapatkan Quran baru.

Bang Anton selaku komandan lapangan yang juga perwakilan dari AVI menyampaikan, Alhamdulillah 1000 Qur'an telah terdistribusi, melibatkan 45 relawan, untuk 61 Titik Musholla, Pesantren, Majlis Taklim dan Pesantren yang tersebar di 30 lokasi Se-Kecamatan Sukajaya

Anang Herdiana selaku ketua Yayasan SBN  menambahkan, Adapun wilayah yang kami kunjungi di beberapa tempat meliputi 30 lokasi ekspedisi, yaitu : Cileuksa, Cisarua, Sarongge, Salak, Jamang, Harkat Jaya, Kiara Pandak, Kiarasari, Pasirmadang, Sipayung, Sukajaya, Sukamulih, Jayaraharja, Urug, Ciraos, Cibiuk, Lebak Sanab, Cibarani, Cibentang, Kompa, Ciputih, Salak, Pojok Tengah, Pojok Bolang, Cipatat Kolot, dan juga beberapa Huntara, yaitu : Huntara Nyomplong 1 dan 2, Huntara Cibarani, Huntara Cibeurit, Huntara Cipata

Yusuf Cakhyono, selaku pimpinan LAZ NN juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang terlibat dalam Ekspedisi Qur'an ini. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan juga bisa menjadikan inspirasi untuk para teman-teman yang menyukai tantangan dengan menyusuri medan cukup ekstrim tentunya dengan kegiatan yang positif seperti Ekspedisi Qur'an ini. "Saya ucapkan Jazakumullah khairan katsira untuk para Donatur Laz Nahwa Nur yang sampai saat ini mempercayakan penyaluran zakat infaq dan sedekahnya di lembaga kami," tambah Yusuf.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement