Ahad 03 Jan 2021 15:40 WIB

Praktisi Pendidikan: Metoda Reggio Emilia Efektif untuk Anak

Krista mengatakan, pendekatan ini membebaskan anak untuk belajar dengan bermain.

Salah satu kegiatan belajar menggunakan Pendekatan Reggio Emilia.
Foto: Dok. Rom
Salah satu kegiatan belajar menggunakan Pendekatan Reggio Emilia.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pendidikan usia dini memiliki peranan penting dan luar biasa untuk masa depan anak. Praktisi pendidikan asal Semarang, Jawa Tengah, Krista Endinda, mengatakan, apapun yang diterima anak di usia emas ini, akan menjadi bekal untuk masa depan mereka sebagai penerus bangsa.

Maka tak heran, kata dia, orang tua berlomba-lomba memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka. "Belakangan ini banyak kurikulum-kurikulum pendidikan dari mancanegara semakin marak berkembang di Indonesia, salah satu contoh yang banyak diminati orang tua yaitu montessori," kata Krista, Ahad (3/1).

Ia menjelaskan, montessori adalah sebuah pendekatan pendidikan yang memberikan kebebasan kepada anak untuk belajar melalui bermain. Tidak hanya Montessori, kata dia, ada pula filosofi pendidikan lainnya yang patut dipertimbangkan oleh orang tua, yaitu Reggio Emilia Approach

"Keduanya sama-sama bagus, sama-sama memberikan anak kebebasan. Tapi Reggio Emilia memberikan anak kesempatan eksplorasi lebih mendalam," kata Krista.

Krista Endinda sudah dua kali mengunjungi Kota Reggio Emilia di Italia untuk belajar dan menyaksikan langsung murid-murid usia 0-6 tahun di kota tersebut dididik dengan pendekatan ini. Sejak kunjungan pertamanya, Krista segera menerapkan pendekatan tersebut di sekolah yang dikelolanya, Bukit Aksara dan Sanggar Aksara. 

"Banyak sekali perkembangan luar biasa yang saya amati. Anak-anak jauh lebih kritis, lebih kreatif, dan lebih mandiri. Mereka lebih fokus dan terlibat dalam topik pembelajaran," ujarnya.

Menurut Krista, yang saat ini tengah menjalani studi magister di Bank Street, New York, Amerika Serikat ini pendekatan Reggio Emilia ini mendorong anak melakukan penelitian melalui bermain. Penelitian ini cenderung muncul dalam bentuk proyek jangka panjang sesuai minat individual anak. Pembelajaran proyek ini memungkinkan anak untuk mengembangkan fungsi eksekutif otak dan melatih cara berpikir anak hingga level HOTS (High Order Thinking Skills). 

Pendekatan Reggio Emilia, kata dia, meyakini akan ‘Seratus Bahasa Anak’ yaitu pengembangan dari kecerdasan majemuk. Setiap anak memiliki caranya sendiri untuk belajar, untuk mengekspresikan diri, dan untuk berkomunikasi. Setiap mereka memiliki hak untuk menggunakan seratus bahasa tersebut. Oleh karena itu masing-masing anak di sebuah kelas bisa saja belajar dengan topik yang berbeda pada waktu bersamaan. 

Krista pun percaya bahwa pendekatan ini efektif mempersiapkan anak untuk menghadapi tantangan jaman di abad ke-21 yang tidak menentu.

Sayangnya belum banyak sekolah yang menawarkan program ini di Indonesia. Sehingga Krista Endinda bertekad untuk membagikan tips-tips dan membantu orangtua mempraktekkan pendekatan ini di rumah melalui akun Instagram pribadinya, @kristaendinda.

"Anak belajar cara untuk belajar, bukan belajar konten, atau pengetahuan yang bisa diperoleh lewat Google," kata Krista.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement