Ahad 03 Jan 2021 15:22 WIB

Alasan Mengapa Peretasan SolarWinds Sangat Berbahaya

Peretas Solarwind tembus ke kode program Microsoft.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Microsoft
Foto: EPA
Microsoft

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Salah satu peretasan terburuk yang terjadi tahun lalu adalah peretasan SolarWinds besar-besaran di Amerika. Peretasan ini terjadi pada pertengahan Desember yang mempengaruhi lembaga pemerintah dan Microsoft.

Peretas mencoba melakukan serangan seperti ini setiap saat. Namun, serangan SolarWinds lebih berbahaya karena diyakini berasal dari Rusia.

Baca Juga

Rusia menyangkal operasi tersebut, tetapi para ahli telah menuding Rusia sejak hari-hari awal penyelidikan. Lebih dari dua pekan setelah peretasan, Microsoft mengungkapkan para penyerang dapat mengakses perangkat lunak penting. Peretas berhasil mengakses kode sumber dari satu atau lebih produk yang dirahasiakan.

Kode program atau source code merupakan satu set instruksi untuk menjalankan perangkat lunak atau sistem operasi. Perusahaan teknologi pada umumnya akan sangat melindungi source code mereka.

Source code adalah arsitektur sebuah perangkat lunak. Jika seseorang memiliki itu akan lebih mudah untuk melakukan serangan.

 

Dilansir dari BGR, Ahad (3/1), Microsoft menjelaskan dalam sebuah unggahan sebuah posting blog bahwa peretas tidak dapat mengubah kode program. Tetapi, hanya dengan melihat kode sumber dari perusahaan seperti Microsoft mungkin cukup bagi peretas untuk mengembangkan serangan baru yang membahayakan produk lain milik perusahaan.

Jika benar bahwa sebuah negara  memulai serangan SolarWinds, maka akses kode sumber menjadi lebih penting. Microsoft tidak menjelaskan dalam entri blog jenis kode program apa yang terlihat, jadi tidak jelas jenis perangkat lunak apa yang mungkin terpengaruh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement