Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Cara Mudah Rawat Motor Selama Musim Hujan

Ahad 03 Jan 2021 12:40 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Pengendara motor mendorong motornya yang mogok akibat genangan air. ilustrasi

Pengendara motor mendorong motornya yang mogok akibat genangan air. ilustrasi

Foto: Antara/Didik Suhartono
Hal utama yang dilakukan pengendara adalah segera mencuci motor setelah kena hujan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Bagi sebagian masyarakat Indonesia, sepeda motor adalah salah satu sarana transportasi yang dinilai paling fungsional. Meski saat ini musim hujan telah tiba, motor pun tetap jadi pilihan transportasi andalan.

Agar motor dapat berfungsi secara optimal, tentu terdapat sejumlah langkah perawatan yang harus dilakukan oleh pengendara. Astra Motor pun membagikan sejumlah kiat perawatan motor selama musim hujan.

Dilansir dari laman resmi Astra Motor pada Sabtu (2/1), salah satu hal utama yang perlu dilakukan oleh pengendara adalah segera mencuci motor setelah menerabas hujan.

Hal ini perlu dilakukan karena air hujan mengandung asam dimana yang bisa menyebabkan korosi dengan cepat pada bagian-bagian motor. Artinya, tindakan untuk segera mencuci motor otomatis dapat menekan timbulnya korosi pada sejumlah bagian pada motor.

Selanjutnya, selalu periksa bagian-bagian kelistrikan motor. Kalau memang di bagian kelistrikan ada sisa air, keringkan segera dengan lap.

Selain itu, jangan lupa periksa bagian lainnya terutama kabel-kabel, apakah ada yang terbuka atau tidak. Jika demikian, segera tutup kabel tersebut, karena bisa menyebabkan konslet ketika terkena air hujan.

Nah, bagi kendaraan yang menggunakan rantai sebagai penggerak roda belakang, maka rantai jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Biasanya, rantai kendaraan tidak dilengkapi dengan penutup rantai sehingga sangat disarankan untuk selalu membersihkan rantai dari segala macam kotoran yang menempel.

Apalagi saat musim hujan seperti ini, kotoran akan lebih mudah menempel pada bagian tersebut. Bersihkan bagian ini sampai benar-benar bersih, agar laju kendaraan tetap dengan lancar tanpa suara bising yang mengganggu.

Bagi kendaraan matic, pengendara disarankan untuk selalu memeriksa kondisi oli gardan. Mengingat, saat musim hujan, air lebih berotensi untuk masuk ke bagian transmisi atau gardan sehingga akan tercampur dengan oli transmisi. Jika memang oli sudah cukup banyak terontaminasi oleh air, maka disarankan untuk segera melakukan penggantian oli gardan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA