Ahad 03 Jan 2021 08:24 WIB

11 Cara Efektif Hilangkan Perut Buncit

Menghilangkan perut buncit bukan hanya soal estetika tetapi juga demi kesehatan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menghilangkan perut buncit bukan hanya soal estetika tetapi juga demi kesehatan (Foto: ilustrasi)
Foto: Mentalfloss
Menghilangkan perut buncit bukan hanya soal estetika tetapi juga demi kesehatan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghilangkan perut buncit bukan hanya soal estetika semata, namun juga baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pendiri Ancient Nutrition, Dr Josh Axe, mengatakan bahwa mengurangi lemak perut sangatlah penting sebab lemak visceral ini terletak di dekat organ vital tubuh seperti ginjal, hati, dan organ pencernaan.

"Jenis lemak ini bisa lebih mudah masuk ke aliran darah dan menyebabkan masalah kesehatan seperti penyumbatan arteri dan hipertensi,” kata Axe.

Baca Juga

Namun sayangnya, banyak orang yang gagal atau belum berhasil mengurangi lemak di perut. Instruktur pribadi sekaligus juara dunia powerlifting Robert Herbst mengatakan bahwa seseorang tidak dapat menghilangkan lemak perut tanpa mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan, dan perut adalah salah satu tempat penyimpanan lemak utama tubuh.

Bagi kalian yang masih galau bagaimana cara efektif menghilangkan perut buncit, berikut ada beberapa tip sederhana yang bisa dicoba seperti dilansir dari laman Eat This pada Ahad (3/1).

1. Diet seimbang

Meskipun kombinasi diet dan olahraga sering dianggap sebagai cara terefektif menghilangkan perut buncit. Namun menurut sebagian besar ahli, termasuk Matt Becher dari Athletic Grit, penurunan berat badan yang efektif dimulai di dapur, bukan di gym.

"Tidak peduli seberapa banyak olahraga yang dilakukan. Itu tidak akan berpengaruh jika asupan makanan Anda tidak dijaga,” kata Becher.

2. Tingkatkan serat

Kandungan serat dalam makanan tidak hanya membantu Anda kenyang lebih lama, tetapi juga berkontribusi memperbaiki pencernaan. Pilih sayuran campuran, biji-bijian dan kacang-kacangan untuk menambah asupan serat dan mengurangi lemak perut.

3. Kurangi asupan garam

Seperti halnya asupan serat, asupan garam bisa berpengaruh pada penampilan perut Anda. Meskipun mengurangi garam tidak akan benar-benar menghilangkan lemak di perut, namun hal ini dapat mengurangi kembung yang dapat membuat lingkar pinggang tampak lebih kecil.

4. Pertimbangkan puasa intermiten

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa intermiten dapat berkontribusi pada efektivitas penurunan berat badan. Bukan hanya karena memperpendek waktu makan Anda, tetapi secara alami mengurangi kalori yang dikonsumsi. Puasa juga menyebabkan kadar insulin turun, yang dapat mempercepat penurunan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement