Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

5 Langkah Mulai Hidup Sehat di 2021

Ahad 03 Jan 2021 07:22 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Memasuki tahun baru, mulailah hidup sehat secara optimal (Foto: ilustrasi)

Memasuki tahun baru, mulailah hidup sehat secara optimal (Foto: ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Memasuki tahun baru, mulailah hidup sehat secara optimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang terjadi di sepanjang 2020 telah mengajarkan banyak hal mengenai pentingnya menjaga kesehatan diri. Mengingat pandemi masih terjadi, siapa pun tentu ingin memasuki 2021 dengan kondisi kesehatan yang optimal.

CEO Comprehensive Women's Health Angela Wright Marshall MD FACP membagikan lima trik untuk mengoptimalkan kesehatan di 2021. Berikut ini adalah kelima trik tersebut, seperti dilansir Livestrong, Ahad (3/1).

Ketahui Riwayat Penyakit di Keluarga
Penting untuk mengetahui penyakit apa saja yang pernah dialami oleh anggota keluarga. Alasannya, riwayat keluarga dapat menjadi jendela untuk melihat risiko yang dimiliki oleh diri sendiri terhadap suatu penyakit.

Minimalkan Pemicu Stres
Stres dapat meningkatkan kadar hormon epinerfin dan kortisol. Peningkatan kedua hormon ini juga bisa menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah.

Peningkatan tekanan darah yang tak terkontrol dan terjadi secara kronis atau jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Beberapa di antaranya adalah strok, serangan jantung, gagal jantung, serta penyakit ginjal.

Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan cara meminimalkan pemicunya. Coba untuk gali lebih dalam ke diri sendiri untuk mengetahui apa yang sebenarnya menjadi pemicu stres.

Meluangkan waktu untuk merawat dan mencintai diri sendiri atau me time juga tak kalah penting. Momen seperti ini dapat membantu menenangkan diri dan membentuk suasana hati yang baik.

Baca Juga

Latihan Kekuatan
Salah satu anjuran menjaga kesehatan adalah melakukan olahraga kardio dengan intensitas sedang sebanyak 150 menit per minggu. Beberapa contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki dan bersepeda.

Di samping itu, latihan kekuatan seperti angkat beban juga penting dalam menunjang kesehatan. Latihan kekuatan tak hanya memperkuat tulang, membangun kekuatan inti tubuh, dan melatih keseimbangan.

Kurangi Ketergantungan pada Pesan-Antar Makanan
Layanan pesan-antar makanan di masa pandemi memang menawarkan kemudahan untuk mendapatkan makanan dengan kontak fisik yang minimal. Namun jika memungkinkan, coba juga untuk mulai memasak sendiri di rumah.

Menurut studi Public Health Nutrition pada 2015, memasak makanan sendiri berkaitan dengan pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan. Studi lain dalam jurnal yang sama di 2014 juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang terbiasa membeli makanan di luar cenderung mengonsumsi 200 kalori lebih banyak.

Tentu layanan pesan-antar makanan tak perlu benar-benar ditinggalkan sepenuhnya. Coba ulas kembali seberapa sering layanan pesan-antar makanan ini digunakan, makanan apa yang sering dipesan, dan bagaimana kebiasaan ini bisa dikurangi.

Cari Teman
Menjalani gaya hidup sehat akan terasa lebih menyenangkan bila dilakukan bersama-sama. Bila memiliki target memperbanyak olahraga, coba cari teman atau anggota keluarga yang bisa diajak olahraga bersama. Dapat pula mengikuti sosok panutan atau mentor kesehatan yang bisa memberikan inspirasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA