Ahad 03 Jan 2021 05:10 WIB

Siapakah Saksi Wafatnya Muslim Sebagai Seorang Syahid?

Orang yang meninggal syahid akan disaksikan malaikat

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Orang yang meninggal syahid akan disaksikan malaikat. Ilustrasi makam orang meninggal
Foto: ANTARA/FIKRI YUSUF
Orang yang meninggal syahid akan disaksikan malaikat. Ilustrasi makam orang meninggal

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA— Dalam Alquran surat Al-Hajj ayat 78 orang yang mati syahid akan menjadi saksi atas manusia.  

وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ ۚ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ ۚ مِلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ ۚ هُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ قَبْلُ وَفِي هَٰذَا لِيَكُونَ الرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ ۚ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ مَوْلَاكُمْ ۖ فَنِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ

Baca Juga

“Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang Muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Alquran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.   

Pertanyaannya menjadi saksi atas apa? Pendiri Rumah Fiqih, Ustadz Ahmad Sarwat Lc MA menyampaikan, untuk menjawab hal ini, para ulama berbeda-beda pandangan, karena dalil dan illat yang mereka pakai memang berbeda-beda.  

"Sebagian ulama mengatakan mereka yang mati syahid akan menyaksikan pahala dan kemuliaan yang Allah SWT berikan, pada saat mereka meninggal dunia," kata Ustaz Ahmad Sarwat dalam bukunya "Mati Syahid"   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement