Ahad 03 Jan 2021 03:35 WIB

Pakar Binatu Jelaskan Makna Simbol di Label Pakaian

Pemilik akun TikTok Clean Freakz jelaskan makna simbol label pakaian.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Label pakaian. Jangan salah mengenali makna simbol label petunjuk pemeliharan pakaian.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Label pakaian. Jangan salah mengenali makna simbol label petunjuk pemeliharan pakaian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pakar binatu berbagi pengetahuan tentang makna simbol perawatan pada label pakaian lewat akun TikTok-nya “Clean Freakz”. Pria yang bekerja di Jeeves of Belgravia, London, Inggris ini memperingatkan tentang kesalahan dalam mencuci pakaian yang kerap dilakukan.

Di awal video TikTok-nya, pria yang memiliki 60 ribu followers itu membuka dengan pernyataan bahwa seharusnya konsumen lebih cermat dengan membaca label. Menurutnya, keterangan pada label sangat mudah untuk dipahami.

Baca Juga

"Kamu terlalu tua dan pintar untuk tidak mengetahui cara membaca label perawatan di pakaian,” kata dia, seperti dilansir The Sun pada Sabtu (2/1).

Pria itu memulai dengan simbol mesin cuci tanpa tanda silang. Ia menjelaskan bahwa itu berarti pakaian bisa dibersihkan memakai mesin cuci seperti biasa.

Sebaliknya, jika simbol mesin cuci dibubuhi tanda silang maka pakaian tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Lalu, simbol mesin cuci dengan tanda titik satu, dua, dan tiga berhubungan suhu yang dianjurkan ketika mencuci.

"Titik-titik dalam simbol itu berhubungan dengan suhu. Satu titik berarti suhu terendah, dan titik ini bisa ada sampai lima buah, meski itu sangat jarang,” kata dia.

Lingkaran polos artinya pakaian harus dicuci dengan teknik dry clean. Lingkaran dengan tanda silang bermakna sebaliknya. Jenis pakaian yang dianjurkan untuk dicuci dry clean misalnya berbahan kasmir, wool, sutra, dan satin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement