Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Dzikir Rebana dan Ceramah Isi Pergantian Tahun Baru di Agam

Jumat 01 Jan 2021 21:50 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

Pergantian baru di Agam disemarakkan dengan ceramah dan dzikir rebana. Ilustrasi dzikir

Pergantian baru di Agam disemarakkan dengan ceramah dan dzikir rebana. Ilustrasi dzikir

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pergantian baru di Agam disemarakkan dengan ceramah dan dzikir rebana

REPUBLIKA.CO.ID, AGAM— Warga Kecamatan Baso di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, mengisi malam pergantian tahun baru 2021 dengan menggelar tausiyah. 

Pada Kamis (31/12) kemarin, terdapat enam masjid dan mushala di Kecamatan Baso menggelar tausiyah. 

"Tausiyah ini digelar bukan untuk peringatan pergantian tahun masehi, tapi mencegah terjadinya aktivitas yang tidak bermanfaat di tengah masyarakat,” kata Penanggung Jawab Camat Baso, Surya Wendri.

Baca Juga

Surya menyebut tausiyah di enam masjid dan mushala di Baso dimulai sejak bakda isya. 

Sebanyak enam masjid dan mushala itu adalah Masjid Ruhama Jorong Kampeh Nagari Simarasok, Mushala Kotorapak Jorong Baso Nagari Tabek Panjang, dan Masjid Baiturahman Tabek Panjang.

Kemudian Mushala Sungai Ririak Tabek Panjang, Masjid Al Jihad Koto baru dan Masjid Al Ihsan Jorong Mancuang, Nagari Padang Tarok.

Surya menyebut pelaksanaan tausiyah ini juga tindaklanjut dari imbauan Bupati Agam, tentang pergantian tahun baru masehi di daerah itu.

Masih di Kabupaten Agam, tepatnya di Kecamatan Palupuah, warga mengadakan Dikia Rabano di Mushala Fastabiqul Khairat Nagari Pasia Laweh. Dikia Rabano (dzikir dengan rebana) ini menampilkan grup dikia Gema Arafah Angge. 

Selain dzikir bersama warga Palupuah juga menggelar doa dan makan malam bersama. Kegiatan di Palupuah ini diikuti  sekitar 200 orang dari unsur Bamus, aparatur nagari, MUI nagari, KAN, PKK, bundo kanduang, karang taruna, serta warga sekitar.

Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin, mengatakan digelarnya kegiatan ini menunjukkan bahwa Nagari Pasia Laweh komitmen mewujudkan Nagari Madani di Kabupaten Agam. “Melalui kegiatan ini kita mensyukuri atas pembangunan nagari yang dilakukan di 2020,” ucap Zul. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA