Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Festival Cahaya Jadi Pertunjukan Kesiapan Papua Gelar PON XX

Jumat 01 Jan 2021 19:39 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Festival Cahaya PON XX

Festival Cahaya PON XX

Foto: Dok. Pon
Kegiatan dimaksudkan sebagai penanda hitung mundur 300 hari menuju PON XX.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Dalam rangka hitung mundur 300 hari menuju pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Festival Cahaya Papua yang diadakan secara virtual telah digelar bersamaan dengan perhelatan malam tahun baru. Kegiatan tersebut disiarkan secara streaming melalui official account Facebook dan Youtube PON XX Papua 2021 dan live tapping di salah satu TV nasional, pada Kamis (31/12) malam.

Pada acara yang direkam sebelum tanggal 31 Desember 2020 dan telah menerapkan protokol kesehatan ini, Festival Cahaya menyajikan berbagai pentas seni dan budaya dari artis Papua maupun Ibu Kota di atas kapal landing craft tank di teluk Youtefa, Jayapura. Kegiatan dimaksudkan sebagai penanda hitung mundur 300 hari menuju PON XX.

Ketua Harian Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional XX Yunus Wonda mengatakan, gelaran ini menjadi yang pertama karena selain dilaksanakan secara virtual, juga tempat yang unik dan out of the box. Serta tentunya, kata dia, menawarkan kekayaan alam di Papua.

Antusiasme masyarakat menonton acara streaming ini terlihat dari respons positif melalui komentar yang memberikan semangat dan dukungan pada PON XX Papua 2021, terlebih apresiasi kepada Papua yang memberikan konten yang menarik.

"Pemilihan momen malam pergantian tahun, tentunya menjadi strategi yang cerdik yang dipilih Panitia PON XX Papua 2021 sebagai media promosi efektif untuk menggaungkan semangat dan sosialisasi PON XX Papua 2021 kepada masyarakat Indonesia dan khususnya masyarakat di Tanah Papua," kata dia seperti dikutip dari Antara, Jumat (1/1).

Pertama kalinya dalam sejarah Pekan Olahraga Nasional, gelaran ini juga menampilkan 56 disiplin cabang olahraga dalam sebuah animasi piktogram. "Inilah cara baru panitia memperkenalkan PON dengan bahasa universal dan unik. Piktogram dapat menjembatani perbedaan bahasa dari berbagai daerah asal para atlet PON XX Papua 2021," kata Yonda.

Torang Bisa!, tagline dari PON XX Papua 2021 ini merupakan semangat yang tercermin dari kemampuan Panitia PON XX Papua 2021 dalam beradaptasi pada kondisi pandemi. Setiap kegiatan akan selalu mengedepankan protokol kesehatan dan kesiapan layanan broadcasting dan streaming untuk seluruh lapisan masyarakat.

“Semua kegiatan ini sebagai penanda bahwa Provinsi Papua siap melaksanakan PON XX Papua 2021. Kami pun siap menyambut Anda, para atlet  dari seluruh Indonesia untuk bertanding di Papua. Kami akan menyajikan sistem broadcasting yang memadai dan layanan streaming yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Torang Bisa!,” kata Yunus.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA