Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Politisasi Agama Surutkan Kepercayaan pada Gereja Polandia

Jumat 01 Jan 2021 18:54 WIB

Red: Ani Nursalikah

Politisasi Agama Surutkan Kepercayaan pada Gereja Polandia. Suasana kota yang diselimuti kabut asap ketika matahari terbit di Krakow, Polandia.

Politisasi Agama Surutkan Kepercayaan pada Gereja Polandia. Suasana kota yang diselimuti kabut asap ketika matahari terbit di Krakow, Polandia.

Foto: EPA-EFE/LUCASZ GAGULSKI POLAND OUT
Skandal pencabulan mempercepat gelombang sekularisasi umat Katolik Polandia.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Selama lima tahun kekuasaan Partai Hukum dan Keadilan (PiS) di Polandia, batas antara politik dan agama semakin "mengabur,” tulis harian Inggris, The Guardian, di laman editorialnya awal Desember silam. 

Pemicunya adalah manuver politik Uskup Agung Marek Jędraszewski yang mengobarkan perang terhadap paket dana pemulihan Covid-19 dari Uni Eropa. Dia beralasan bantuan itu merupakan “Kuda Troya” yang menyaratkan legalisasi aborsi, penerapan “ideologi gender” di sekolah dan membumikan nilai-nilai liberal. 

Baca Juga

“Ketika para pemuka agama beroperasi dalam simbiosis autoritarianisme, Polandia kembali tampil sebagai sebuah teokrasi di jantung Uni Eropa,” tulis harian tersebut.

Persepsi negatif media, dan kritik terbuka dari Vatikan, turut mencederai reputasi Gereja Katolik di Polandia. Warga mulai mempertanyakan warisan mendiang Paus Yohanes Paulus II dan mencurigai kedekatan gereja dan negara.

Sebuah jajak pendapat yang dipublikasikan belum lama ini mencatat hanya 41 persen penduduk yang mendukung gereja. Sementara sebanyak 47 persen cenderung melihat peran para uskup secara negatif.

 

sumber : Deutsche Welle
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA