Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Perkakas Batu 200 Ribu Tahun Ditemukan di Qassim Arab Saudi

Jumat 01 Jan 2021 18:20 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Perkakas Batu 200 Ribu Tahun Ditemukan di Qassim Arab Saudi. Sebuah tim ilmuwan Arab Saudi dari Otoritas Purbakala menemukan perkakas batu yang digunakan penduduk peradaban Asiria pada periode Paleolitik yang berasal dari 200 ribu tahun silam di Qassim.

Foto:
Perkakas batu tersebut berasal dari periode Paleolitik Tengah.

Ini juga menunjukkan kelompok manusia di Jazirah Arab mampu melintasi petak yang luas dari jarak geografis. Sejumlah situs yang berpusat di sekitar lembah dan sungai kuno menunjukkan kelompok-kelompok ini secara bertahap menyebar dan menemukan situs baru saat mereka membutuhkannya.

Situs-situs ini memiliki ciri seperti adanya penyebaran pecahan batu dan peralatan pabrikan. Pihak berwenang menyatakan sejumlah besar informasi lingkungan dan budaya baru telah dikumpulkan.

Hasilnya menunjukkan ada perubahan lingkungan yang signifikan, mulai dari yang sangat gersang hingga lembab. Bukti tersebut saat ini sangat mendukung pernyataan tentang keberadaan "Semenanjung Arab Hijau" di masa lalu.

Selama fase basah peradaban manusia, terdapat sungai dan danau di seluruh Jazirah Arab yang menyebabkan penyebaran dan perluasan kelompok manusia ini. Hal ini menegaskan Semenanjung Arab adalah persimpangan jalan utama antara Afrika dan seluruh Asia sepanjang masa prasejarah dan salah satu tempat permukiman pada periode Zaman Batu. Beberapa orang percaya migrasi kuno kelompok manusia ini melalui dua jalur utama, Selat Bab Al-Mandab dan Koridor Semenanjung Sinai.

 

https://saudigazette.com.sa/article/602038/SAUDI-ARABIA/200000-year-old-tools-from-Stone-Ageunearthed-in-Saudi-Arabias-Qassim

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA