Jumat 01 Jan 2021 17:13 WIB

Hamas Tangkap Warga yang Rusak Spanduk Soleimani di Gaza

Hamas berhubungan baik dengan Syiah Iran beberapa tahun terakhir

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Nashih Nashrullah
Hamas berhubungan baik dengan Syiah Iran beberapa tahun terakhir.
Foto: Republika
Hamas berhubungan baik dengan Syiah Iran beberapa tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA— Hamas Palestina menangkap seorang warga Palestina, Majdi al-Maghribi, karena merobohkan spanduk bergambar komandan militer Iran Qassem Soleimani yang dipasang menjelang peringatan pertama kematiannya. 

Saudara laki-laki Majdi sendiri yang mengungkapkannya di media sosial Facebook. "Hamas menangkap Majdi al-Maghribi karena merobohkan foto penjahat," tulis saudara laki-laki al-Maghribi di Facebook, Kamis (31/12).  

Baca Juga

Sebelumnya, Al-Maghribi telah mendesak warga Gaza dalam sebuah posting Facebook pada hari Rabu (30/12) untuk menghapus spanduk Soleimani di kota.  Beberapa jam kemudian, dia memposting video dirinya merobohkan spanduk jenderal Iran yang terbunuh yang dengan cepat menjadi viral. 

Dilansir dari Alarabiya, Kamis (31/12) Hamas memasang spanduk besar Soleimani di jalan pantai utama di Gaza pada hari Selasa setelah latihan militer. Beberapa spanduk lain dari Soleimani terlihat di seluruh Gaza menjelang peringatan satu tahun kematian jenderal Iran, menurut pengguna media sosial Palestina. 

Orang-orang Arab dengan cepat mengkritik spanduk tersebut dan pejabat Israel juga mengutuk mereka sebagai pemuja pembunuh.

“Sebuah pertanyaan untuk orang-orang di Gaza: Apakah Anda mengharapkan orang Arab untuk bersimpati dengan Anda dan tujuan Anda ketika mereka melihat Anda mendirikan patung pembunuh Suriah, Irak, Yaman dan Lebanon?," kata Juru bicara militer Israel, Avichay Adraee di Twitter dalam bahasa Arab. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement