Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

3 Perkara yang Allah SWT Jamin Pelakunya tak akan Merugi 

Jumat 01 Jan 2021 15:52 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT menjamin pelaku sedekah tak akan merugi. Ilustrasi sedekah

Allah SWT menjamin pelaku sedekah tak akan merugi. Ilustrasi sedekah

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Allah SWT menjamin pelaku sedekah tak akan merugi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Janji Allah SWT kepada hamba-Nya merupakan janji yang pasti. Oleh karena itu, apabila Allah telah meletakkan jaminan terhadap suatu hal yang perlu dilakukan atau dihindari hamba-Nya, maka hal itu mutlak terjadi.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadits, di mana Allah memberikan jaminan bagi hamba-hamba-Nya yang bersedia melakukan dan juga menghindari tiga hal ini. 

Baca Juga

Jaminan itu adalah bahwa hambanya tidak akan merugi, melainkan akan mendapatkan keuntungan apabila menjalankannya dengan baik. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abi Kabsyah Amr bin Sa’ad al-Anmary RA: 

عن أَبي كَبْشَةَ عمرو بن سَعدٍ الأَنْمَاريِّ رضي الله عنه: أَنه سمع رسولَ اللَّه ﷺ يَقُولُ: ثَلاثَةٌ أُقْسِمُ عَلَيهِنَّ، وَأُحَدِّثُكُم حَدِيثًا فَاحْفَظُوهُ: مَا نَقَصَ مَالُ عَبدٍ مِن صَدَقَةٍ، وَلا ظُلِمَ عَبْدٌ مَظْلَمَةً صَبَرَ عَلَيهَا إِلَّا زَادَهُ اللَّهُ عِزًّا، وَلا فَتَحَ عَبْدٌ بَابَ مَسأَلَةٍ إِلَّا فَتَحَ اللَّه عَلَيْهِ بَابَ فَقْرٍ -أَوْ كَلِمَةً نَحْوَهَا

Qala Rasulullah SAW: “Tsalasun aqsamu alaihinna wa ahadatsakum haditsan fahfazhuhu, qala: maa naqasha maalu abdin min shadaqatin, wa laa zhalama abdun muzhlimatan shabra alaiha illaa zaadahullahu azzan, wa laa fathu abdun baaba mas-alatin illa fathallahu alaihi baaba faqrin.” 

“Rasulullah bersabda: tiga hal yang aku bersumpah atasnya, dengarkanlah (secara baik-baik): (yakni) tidak berkurang harta seorang hamba karena sedekah, dan tidak akan terzalimi seorang hamba karena sabar atas kezaliman (yang menimpanya) itu, justru Allah berikan kemuliaan kepadanya, (lalu) seseorang yang meminta-minta (padahal masih mampu) maka Allah akan bukakan pintu kefakiran terhadapnya.” 

Hadis ini berkadar hasan shahih dan diriwayatka Imam Tirmidzi. Oleh karena itu, sedekah dan kesabaran menjadi fondasi yang perlu dijaga bagi setiap Muslim. Sebaliknya, sikap meminta-minta terlebih dalam keadaan mampu harus dihindari.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA