Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Pemuda Muhammadiyah Komitmen Cegah Penularan Covid-19

Jumat 01 Jan 2021 15:28 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Gita Amanda

Ilustrasi Covid-19

Ilustrasi Covid-19

Foto: Pixabay
Diharapkan seluruh elemen bangsa termasuk perguruan tinggi wajib berperan aktif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM dan Pimpinan wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta berkomitmen untuk mencegah penularan Covid-19. Karena itu, Mahasiswa STIH dan pemuda Muhammadiyah menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan membagikan hand sanitizer, hand soap dan disinfektan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung sejak 9 Desember 2020 sampai 22 Januari 2021. Kegiatan ini dilaksanakan oleh enam kelompok dari mahasiswa STIH IBLAM yang terdiri dari 34 mahasiswa, tiga dosen, perwakilan dari Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta, serta Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Cabang Kramat Jati.

Dosen PKM STIH IBLAM, Marjan Miharja, mengatakan pengabdian masyarakat untuk menanggulangi Covid-19 tersebut merupakan bentuk nyata mahasiswa dan dosen di lingkungan STIH IBLAM bersama pemerintah.

Menurut dia, pihaknya ingin mengambil peran dalam penanggulangan perluasan Covid-19 dengan melakukan penyuluhan dan pembagian cairan disinfektan, hand sanitizer, dan lain-lain. Karena, menurut dia, perguruan tinggi wajib berperan aktif untuk membantu pemerintah.

“Karena bencana kemanusiaan ini diharapkan seluruh elemen bangsa termasuk perguruan tinggi wajib berperan aktif, agar Indonesia sehat kembali,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (31/12).

Perwakilan mahasiswa STIH IBLAM, Yastuti Handalya berharap dengan kegiatan ini para mahasiswa bisa ikut berkontribusi dalam pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. ”Dalam kegiatan ini kelas kami dibagi menjadi enam kelompok dengan tugas berbeda, ada yang bertugas produksi desinfektan, hand soap, hand sanitizer hingga pengemasan dan pendistribusian kepada masyarakat,” ucapnya.

“Semoga dalam kegiatan ini kami bisa menjadi salah satu bagian dalam pencegahan penularan Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta, Guntur Setia Raharjo mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat tersebut karena melibatkan pengurus Pemuda Muhammadiyah. Dia pun berharap bisa bekerja sama lagi dalam bentuk kegiatan lainnya yang dapat menyentuh langsung pada kehidupan masyarakat.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa STIH IBLAM yang telah bekerja sama dengan kami dalam rangka pembuatan desinfektan, hand sanitizer dan hand soap untuk dapat di distribusikan melalui program pencegahan penyebaran Covid-19 di Jakarta melalui kampanye 3M,” tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA