Jumat 01 Jan 2021 10:44 WIB

Seribu Orang Rapid Test Antigen Gratis di Bandara Soetta

Rapid test antigen menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi calon penumpang.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agus Yulianto
 Petugas kesehatan dengan jas hazmat mengumpulkan sampel dari penumpang pesawat di bandara Internasional Soekarno-Hatta di Banten, Indonesia.
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Petugas kesehatan dengan jas hazmat mengumpulkan sampel dari penumpang pesawat di bandara Internasional Soekarno-Hatta di Banten, Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menyambut Tahun Baru 2021, PT Angkasa Pura (AP) II memberikan rapid test antigen gratis kepada seribu orang di Bandara Soekarno-Hatta, kemarin (31/12). Rapid test antigen gratis dilakukan dengan membagikan voucher kepada 100 orang pekerja bandara dan 900 orang calon penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan kelas ekonomi khusus keberangkatan 31 Desember 2020.

“Pembagian voucher sendiri dilakukan di dekat lokasi Airport Health Center Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta,” kata Direktur Operasi dan Pelayanan AP II Muhamad Wasid dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (1/1).

Dia mengatakan. pelaksanaan rapid test antigen gratis tersebut sebagai dukungan AP II terhadap pelaksanaan tes Covid-19 sebanyak-banyaknya di Indonesia. Wasid mengharapkan, pelaksanaan kegiatan tersebut dapat mendukung upaya penanganan Covid-19.

Terlebih, saat ini rapid test antigen menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi calon penumpang pesawat rute domestik. Kebijakan tersebut dilakukan selama penerbangan periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Wasid memastikan, terdapat kemungkinan kegiatan rapid test antigen gratis dilakukan di bandara AP II lainnya pada kesempatan lainnya. “AP II mengelola 19 bandara dan kami akan melihat kemungkinan apakah kegiatan serupa nantinya dapat dilakukan di bandara-bandara lainnya,” ujar dia.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, saat ini, Bandara Soekarno-Hatta memiliki tujuh titik Airport Health Center dengan layanan yang semakin mapan dan andal. Khususnya dalam mengakomodir kebutuhan rapid test antigen calon penumpang pesawat.

Agus menuturkan, Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta yang bekerja sama dengan Kimia Farma dan Indofarma. “Karena itu juga kami dapat melakukan rapid test antigen gratis terhadap seribu orang tanpa mengganggu kebutuhan tes Covid-19 calon penumpang pesawat lainnya,” kata Agus.

Selain itu, Agus memastikan, Airport Health Center di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta saat ini juga bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan tes Covid-19. Layanan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat umum untuk rapid test antigen atau PCR test.

“Dibukanya Airport Health Center Terminal 1 untuk melayani umum ini diharapkan juga dapat mendukung semakin banyaknya pelaksanaan tes Covid-19 di wilayah sekitar Bandara Soekarno-Hatta,” ungkap Agus. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement