Jumat 01 Jan 2021 09:00 WIB

Pentagon Tangguhkan Produksi Jet Tempur F-35

Pentagon mengharapkan pengujian pesawat tempur F-35 dilakukan pertengahan 2021.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat Tempur F-35
Foto: Anadolu Agency
Pesawat Tempur F-35

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon memutuskan penangguhan produksi jet tempur F-35 untuk Lockheed Martin Corp. Pentagon belum mengungkapkan kapan jet tempur senilai 398 miliar dolar AS itu siap untuk pengujian setelah sebelumnya ditunda berulang kali sejak 2017.

Wakil Menteri Pentagon untuk Akuisisi dan Pemeliharaan, Ellen Lord mengatakan keputusan untuk memproduksi jet tempur tersebut secara penuh paling lambat baru diputuskan Maret 2021. Kondisi pandemi Covid-19 pun dikabarkan juga menjadi salah satu alasan penundaan produksi jet tempur tersebut.

Baca Juga

“Tantangan teknis dan dampak Covid-19 telah menunda persiapan fasilitas simulasi,” kata Juru Bicara Pentagon Jessica Maxwell dikutip dari Bloomberg, Kamis (31/12).

Keputusan tersebut berarti akan memakan waktu berbulan-bulan dalam pemerintahan Presiden terpilih Joe Biden sebelum tim barunya di Pentagon memiliki semua informasi yang diperlukan. Khususnya terkait informasi untuk membuat keputusan mengenai produksi tingkat penuh F-35.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement