Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Mulai Hari Ini, Daop 3 Hanya Jual Tiket KA di Tujuh Stasiun

Jumat 01 Jan 2021 07:53 WIB

Rep: Lilis sri handayani/ Red: Esthi Maharani

Penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) Ranggajati jurusan Cirebon-Purwokerto-Banyuwangi saat arus balik Libur Natal di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Ahad (27/12/2020). Data PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menyebutkan selama libur Natal mulai 18 hingga 25 Desember melayani 79.665 penumpang dengan rincian 35.988 penumpang naik dan 43.677 penumpang datang di sejumlah stasiun yang berada di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun.

Penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) Ranggajati jurusan Cirebon-Purwokerto-Banyuwangi saat arus balik Libur Natal di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Ahad (27/12/2020). Data PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menyebutkan selama libur Natal mulai 18 hingga 25 Desember melayani 79.665 penumpang dengan rincian 35.988 penumpang naik dan 43.677 penumpang datang di sejumlah stasiun yang berada di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun.

Foto: ANTARA/Siswowidodo
Sebelumnya, layanan pembelian tiket KA langsung tersedia di 13 stasiun.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Mulai 1 Januari 2021, layanan pembelian tiket kereta api (KA) langsung di Daop 3 Cirebon hanya bisa dilakukan di tujuh stasiun yakni, Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Haurgeulis, Pegadenbaru, Babakan dan Brebes. Tiket KA yang dijual secara langsung di tujuh stasiun itupun hanya dapat dibeli tiga jam sebelum keberangkatan KA.

Sebelumnya, layanan pembelian tiket KA langsung tersedia di 13 stasiun. Dengan demikian, ada enam stasiun yang kini tidak lagi memberikan pelayanan tersebut. Adapun enam stasiun itu adalah Stasiun Tanjung, Losari, Arjawinangun, Terisi, Ciledug dan Ketanggungan. Meski tidak lagi melayani pembelian tiket secara langsung, keenam stasiun tersebut tetap melayani naik turun penumpang termasuk boarding secara mandiri.

Pelanggan cukup memindai barcode tiket pada scaner yang disediakan, serta menunjukan kartu identitas kepada petugas boarding.

''Meski penjualan tiket secara langsung di enam stasiun wilayah Daop 3 Cirebon kini ditiadakan, pelanggan tidak perlu khawatir karena KAI telah menyediakan pelayanan melalui aplikasi KAI Access,'' tukas Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon,  Luqman Arif, Jumat (1/1).

Aplikasi KAI Access tersebut bisa digunakan untuk pembelian atau pemesanan tiket KA sampai dengan H–15 menit sebelum keberangkatan.

Pelayanan tiket secara online menggunakan aplikasi KAI Access itu merupakan upaya PT KAI dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan tidak ada kontak fisik secara langsung antara pelanggan dengan petugas loket. Selain itu, bisa mengurangi kerumunan orang dan antrian loket stasiun, sehingga pysical distancing tetap terjaga.

PT KAI pun tetap berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh dan lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan, agar physical distancing di atas KA tetap terjaga. Para penumpang pun diharuskan dalam kondisi sehat.

Selain itu, mulai 22 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021, pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil Rapid Test Antigen yang negatif sebagai syarat untuk naik Kereta Api.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA