Jumat 01 Jan 2021 12:03 WIB

Indonesia Miliki 940 RS Rujukan Covid-19

Dari 940 RS, total ruang isolasi dan ICU mencapai 45.023.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Selama pandemi, pemerintah telah menyediakan 940 rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Pernyataan tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkait penanganan Pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah dalam pelayanan kesehatan.

Dia mengatakan selama penanganan pandemi Covid-19 tahun 2020, pemerintah berfokus pada peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan untuk memastikan pasien yang terkonfirmasi positif Virus Corona dapat ditangani dengan baik dan sesuai standar. 

"Sesuai standar, hingga saat ini terdapat 940 rumah sakit rujukan Covid-19 dengan jumlah total tempat tidur di ruang isolasi dan ICU sebanyak 45.023 tempat tidur," ujar Wiku dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Kamis (31/12/2020).

Wiku memaparkan, secara persentase, tingkat pemanfaatan tempat tidur di ruang isolasi dan ICU Covid-19 tingkat nasional mencapai 62,63%. 

Pemerintah juga tak hanya fokus pada penanganan pasien Covid-19. Tetapi juga, berkomitmen terutama kepada pahlawan kesehatan agar tidak ada lagi tenaga kesehatan yang gugur dalam menangani pandemi Covid-19 di garda terdepan.

Caranya yakni dengan mengoptimalisasi perlindungan dan keselamatan tenaga kesehatan. 

"Hal ini diwujudkan dengan sebuah tim khusus yang memantau dan bertindak cepat dalam memberikan perlindungan bagi tenaga kesehatan yang sedang bertugas," katanya.

Dia juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua tenaga kesehatan di Indonesia yang bekerja keras setiap harinya menangani pandemi ini. 

"Terima kasih atas kerja keras dan semangat dari dokter, perawat, petugas laboratorium serta semua rekan petugas kesehatan di Indonesia," katanya. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement