Kamis 31 Dec 2020 21:10 WIB

5 Benda Bersejarah Sir Alex Ferguson Selama di MU

Sir Alex Ferguson berulang tahun ke-79 pada hari ini.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Sir Alex Ferguson
Foto: EPA/JEAN-CHRISTOPHE BOTT
Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Hari ini, 31 Desember 2020, mantan pelatih Manchester United (MU) Sir Alex Ferguson berulang tahun ke-79. Ferguson merupakan pelatih tersukses Setan Merah dan Liga Inggris dengan 13 gelar trofi Liga Inggris. Total pria Skotlandia itu mempersembahkan 38 gelar untuk MU.

Ada banyak momen dan benda penting yang bisa diingat dalam perjalanan Ferguson, mulai awal karier hingga pensiun. Setidaknya ada lima barang penting dalam perjalanan karier Ferguson selama menjadi pelatih MU yang diambil dari museum maupun peninggalan lainnya sebagaimana dikutip dari laman resmi klub berikut ini:

Baca Juga

Bola pertama pada laga perdana

Ferguson resmi ditunjuk sebagai pelatih MU pada 6 November 1986. Penunjukannya menghebohkan banyak media yang membuat mereka ingin segera mengetahui sosoknya. Dua hari setelah pengangkatannya, Ferguson memimpin MU melawan tuan rumah Oxford United.

Namun pada pertandingan pertamanya, dia harus menerima pil pahit karena kalah MU kalah 0-2. Ketika itu, Ferguson dihadapkan dengan krisis pemain akibat cedera. Tak lama setelah pertandingan, bola dalam laga tersebut tersimpan dan ditanda tangai kedua tim sekaligus menandai awal era panjang Ferguson.

Papan taktik

Ferguson selalu ditemani oleh papan taktik sejak awal kariernya di Old Trafford, khususnya pada laga tandang. Papan taktik itu turut berjasa dalam mengubah MU dari tim berkinerja buruk menjadi pemenang Piala FA dan penantang gelar Liga Inggris.

Meski MU diisi oleh pemain top, namun Ferguson diwarisi kondisi tim yang sedang menurun. Menurunnya kebugaran pemain juga menjadi pekerjaan rumah Ferguson kala itu. Ia pun memulai kepemimpinannya dengan menuntut profesionalisme baru dari para pemain.

Ia memperkuat tim melalui rekrutan baru. Ferguson juga melakukan pembenahan terhadap sistem talent scouting.

Medali Piala FA 1990

Kinerja Ferguson dinilai buruk hingga tiga musim pertamanya. Namun setelah awal mengecewakan pada musim 1989/1990, termasuk kekalahan 1-5 dari Manchester City dan finis di urutan ke-13 klasemen, mereka berhasil mengangkat trofi Piala FA. Gol dari Lee Martin waktu itu menjadi penentu kemenangan.

Medali tersebut menandai dimulainya masa gemilang Ferguson bersama MU. Sejumlah trofi pun berdatangan ke lemari MU dengan sangat cepat. Itu merupakan medali Piala FA pertama dari lima trofi yang dipersembahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement