Kamis 31 Dec 2020 18:10 WIB

Hadirkan Jaketbus, Menhub Apresiasi Pemprov DKI

Dengan Jaketbus, masyarakat bisa lebih nyaman menggunakan transportasi umum.

Rep: Eva Rianti/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi mengapresiasi diluncurkannya aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) di Terminal Terpadu A Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (31/12).
Foto: Antara/Humas Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi mengapresiasi diluncurkannya aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) di Terminal Terpadu A Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (31/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza meresmikan Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) atau sistem tiket elektronik di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (31/12). E-ticketing tersebut dihadirkan untuk mempermudah pengguna transportasi massal sekaligus sebagai suatu upaya menekan penyebaran Covid-19.

Budi menilai Jaketbus menjadi pencapaian bagus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia berharap dengan fasilitas tersebut, masyarakat bisa lebih nyaman menggunakan transportasi umum. 

Baca Juga

Angkutan massal jarak jauh yang bagus relatif terjangkau salah satunya bus. "Bus biasanya sudah terkoneksi dengan bus kota, KRL, dan sebagainya, sehingga orang dari rumah bisa ke tujuan akhir tanpa susah-susah karena ada antarmodanya," kata Budi.

Dia meminta kolaborasi terciptanya fasilitas berbasis digital tersebut bisa berkelanjutan. Dia juga berharap e-ticketing seperti ini bisa terwujud tidak hanya di Jakarta tapi juga di wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Budi menugaskan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub untuk melaksanakan ini bukan saja di Jakarta tapi di seluruh Indonesia. Karena dengan e-ticketing, konsolidasi dengan sistem pembayaran menjadi efisien.

"Risiko di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini juga bisa dikurangi karena tidak ada kontak fisik langsung," ucap Budi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza mengungkapkan, aplikasi tersebut sangat membantu masyarakat dengan kemudahan yang dihadirkan lewat layanan transaksi digital. Terobosan ini juga dinilai mampu mengubah kebiasaan calon penumpang untuk menggunakan transaksi dari tunai menjadi nontunai. 

Selain itu, sistem e-ticketing, Ariza nilai dapat meminimalisasi aktivitas calo tiket maupun pungli yang selama ini meresahkan. Baik dari pihak pengelola transportasi maupun penumpang.

"Kita berharap kemajuan teknologi ini melahirkan terobosan yang memudahkan transportasi massal. Kami terus mendukung pemerintahan pusat dalam memajukan layanan transportasi agar terus bersinergi dengan baik," kata Ariza.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement