Kamis 31 Dec 2020 18:09 WIB

Kota Bandung Lockdown Saat Tahun Baru 2021?

Wakil Wali Kota Bandung menjelaskan situasi Kota Bandung jelang Tahun Baru 2021

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Kota Bandung Lockdown saat Tahun Baru 2021?
Kota Bandung Lockdown saat Tahun Baru 2021?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menegaskan Kota Bandung tidak menerapkan lockdown akibat Covid-19 di malam tahun baru 2021. Kota Bandung hanya melakukan pembatasan agar tidak terjadi kerumunan saat malam tahun baru.

Oleh karena itu, ada penyekatan di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung, termasuk pemeriksaan pergerakan orang dan membubarkan kerumunan.

"Jadi memang pada tahun baru kali ini, kita di masa pandemi Covid-19. Kita tidak ingin terjadinya kunjungan yang berpotensi meningkatkan penyebaran Covid-19," kata Yana, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Ayobandung.com, Kamis (31/12/2020).

"Kita pikir kalau sekarang terjadi kerumunan massa yang berpotensi menjadi klaster, maka dua pekan atau sebulan ke depan akan ada peningkatan kasus," katanya.

Menurutnya, Surat Edaran dan Peraturan Wali Kota juga sudah didistribusikan ke kewilayahan, dinas, dan instansi terkait. Mereka menyosialisasilannya agar masyarakat luas lebih mengetahuinya.

"Karena kita memberikan relaksasi pelonggaran di sektor ekonomi, wisata, dan yang lainnya. Lewat dinas terkait kita sampaikan ada batasan jam operasional, kuota pengunjung, agar dipatuhi oleh semua," ucapnya.

"Dengan menyekat jalan, mudah-mudahan mengurangi kerumunan. Ring satu di pusat kota, ring dua jalan akses masuk menuju pusat kota, dan ring tiga di perbatasan akses masuk Kota Bandung yang dibuat cek poin," katanya.

Menurut Yana, sesuai Surat Edaran Pemerintah Pusat dan Provinsi bahwa yang melakukan aktivitas pergerakan orang terutama kegiatan wisata, diberlakukan pengecekan hasil rapid test antigen.

"Dengan diminimalisasi seperti itu, risiko penyebaran Covid-19 bisa berkurang. Tapi selama yang datang untuk kepentingan yang urgent itu bisa masuk. Karena yang wisatawan sudah ada imbauan jauh-jauh hari," katanya.

Yana mengimbau pada malam tahun baru ini, masyarakat Kota Bandung berintrospeksi atau bermuhasabah di rumah masing-masing untuk mendoakan pandemi cepat berakhir.

"Mudah-mudahan dengan doa dari kita semua pandemi ini bisa segera berakhir dan kehidupan kita pun dapat berjalan normal lagi," katanya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement