Kamis 31 Dec 2020 17:22 WIB

KAI Commuter Tambah Fasilitas Penunjang Protokol Kesehatan

KAI Commuter menambah wastafel dan tenda untuk mengantisipasi antrean penumpang.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Sebuah kereta rel listrik (KRL) Commuterline memasuki Stasiun KA Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat (ilustrasi). PT KAI Commuter menambah fasilitas pendukung protokol kesehatan.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sebuah kereta rel listrik (KRL) Commuterline memasuki Stasiun KA Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat (ilustrasi). PT KAI Commuter menambah fasilitas pendukung protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19, PT KAI Commuter secara konsisten memberlakukan protokol kesehatan. Selain gerakan 3M, KAI Commuter juga menambah fasilitas penunjang.

Seperti gerakan 3M yang harus dilakukan oleh seluruh karyawan PT KCI dan pengguna KRL baik di area stasiun maupun di dalam perjalanan KRL.

Baca Juga

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, KAI Commuter juga telah memasang wastafel tambahan di 80 stasiun yang melayani KRL untuk memudahkan pengguna mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL. "Seluruh rangkaian kereta setiap harinya dicuci dan disemprot cairan disinfektan usai beroperasi," kata Anne melalui siaran pers, Kamis (31/12).

Selama beroperasi, petugas juga rutin membersihkan bagian-bagian KRL maupun stasiun dengan cairan disinfektan. Selain itu, di seluruh stasiun dan rangkaian kereta juga telah tersedia marka sebagai pedoman posisi pengguna dalam mengantre, duduk, maupun berdiri selama dalam perjalanan.

Selain protokol kesehatan, KAI Commuter juga memberlakukan aturan tambahan dalam menggunakan KRL, seperti pengguna KRL yang sudah lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB. Sedangkan anak balita saat ini masih dilarang untuk naik KRL. 

"Penyesuaian jam operasional, aturan tambahan, dan berbagai protokol kesehatan juga akan tetap berlaku mulai 1 Januari 2021," ungkap Anne.

Dalam tambahan fasilitas pelayanan, KAI Commuter juga menyiapkan 28 loket portabel yang tersebar di 13 stasiun antara lain Stasiun Tanah Abang, Bogor, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Rangkasbitung, Kemayoran, Depok, Depok Baru, Lenteng Agung, Pasar Minggu, Manggarai, dan Bojong Gede. Fasilitas tambahan untuk pengguna juga disiapkan KAI Commuter antara lain dengan penambahan enam toilet portabel di Stasiun Depok, Citayam, Lenteng Agung, Manggarai, Sudirman, dan Rawa Buntu. 

"Selain itu, ada juga tujuh tenda untuk mengakomodir antrean pengguna di antaranya di Stasiun Bogor, Citayam, Depok Baru, Ancol, Bekasi, Tambun, dan Rangkasbitung," kata Anne menambahkan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement