Kamis 31 Dec 2020 15:49 WIB

5 Aplikasi untuk Pemulihan Data Terhapus di Ponsel Android

Banyak aplikasi yang bisa dipakai unntuk memulihkan data yang hilang dari OS Android.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Android 11.
Foto: wikipedia
Android 11.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Popularitas Android telah meningkat secara drastis sebagai salah satu sistem operasi utama di banyak ponsel cerdas saat ini. Kehilangan file data dari Android dapat mengakibatkan hilangnya file penting.

Namun, masih ada cara untuk mengembalikan data tersebut, yakni dengan menggunakan aplikasi pemulihan. Berikut ini merupakan lima aplikasi pemulihan yang bisa membantu memulihkan data yang hilang, dilansir dari Wondershare Recoverit, Kamis (31/12).

Baca Juga

Dumpster Image Video Restore

Aplikasi ini memberi pengguna kesempatan untuk mencadangkan data mereka di cloud sambil memberi mereka kesempatan untuk memulihkan file yang terhapus secara tidak sengaja dari perangkat Android. Perangkat lunak ini bekerja seperti recycle bin pada PC karena semua file yang dihapus akan masuk ke dalam perangkat lunak.

Biasanya berfungsi baik dengan video dan gambar tetapi berfungsi dengan file dokumen, HTML dan APK. File dapat dihapus secara manual dari memori perangkat lunak atau diatur untuk mengosongkan memori setelah jangka waktu tertentu.

GT Recovery-Undelete, Restore

Aplikasi ini akan membantu memulihkan banyak jenis file melalui pemindaian prosedural pada perangkat. Perangkat lunak pemulihan file mendukung beberapa format sistem file, termasuk AT, EXT3,EXT4.

Alat ini memungkinkan pengguna melihat file sebelum pemulihan. GT Recovery-Undelete, Restore mendukung format file berikut: MP3, MP4, AVI,MPG,MOV,WAV,ZIP,RAR,GZIP,APK,EXE,PDF,DOC (X), PPT (X), EXCEL (X), JPG, PNG, GIF dan BMP. Aplikasi ini gratis.

Undeleter Recover Files Data

Ini adalah salah satu aplikasi Android yang bisa membantu setiap kali pengguna kehilangan data apa pun dari ponsel. Undeleter Recover Files Data juga dapat dikembangkan dalam jenis data yang dapat dipulihkan, seperti GT recovery tool.

Undeleter Recover Files Data memindai disk pengguna untuk memastikan aplikasi ini memulihkan data penyimpanan internal, pemasangan OTG, kartu SD. Pengguna bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Google Play Store.

Recycle Bin

Ini adalah perangkat lunak yang secara murni mengimplementasikan Trash di ponsel Android pengguna. Dengan demikian, aplikasi mengelola file melalui penjelajah file yang melekat pada sistem.

Setiap kali file dihapus dari sistem Android, file tersebut dikirim ke folder app yang menyimpannya. Jika, misalnya pengguna tidak sengaja menghapus file dan ingin memulihkannya, file tersebut akan mudah dipulihkan dari folder aplikasi.

Aplikasi ini dapat dikonfigurasi untuk bekerja seperti Trash konvensional dan recycle bins. Pengguna dapat melakukan hal-hal seperti mengkonfigurasi file untuk dikirim ke recycle bin hanya dalam satu pilihan.

Disk Digger Undelete

Jika pengguna Android memiliki ponsel yang di-rooting, maka aplikasi ini akan berfungsi. Rooting, dalam istilah sederhana, adalah proses yang memungkinkan pengguna di OS Android mendapatkan hak akses root, sehingga memungkinkan penginstalan aplikasi yang memerlukan hak istimewa penuh dari sistem.

Penting untuk dicatat bahwa aplikasi ini dibuat untuk memulihkan file foto dan video. Ini menyiratkan bahwa itu tidak bekerja dengan sangat baik dalam memulihkan jenis file lain. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat yang menjalankan Android 2.2 dan lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement