Kamis 31 Dec 2020 14:51 WIB
...

Lewis Hamilton Raih Gelar Kebangsawanan dari Inggris

Hamilton sebelumnya diabaikan karena urusan pajak dan tinggal di Monako sejak 2010.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
 Pembalap Mercedes F1 Lewis Hamilton dari Inggris.
Foto: AP/Tolga Bozoglu/POOL EPA
Pembalap Mercedes F1 Lewis Hamilton dari Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara dunia Formula (F1) 1 Lewis Hamilton dianugerahi gelar kebangsawanan dalam daftar Penghargaan Tahun Baru Ratu Inggris. Hamilton merebut gelar ketujuh juara dunia F1 pembalap ketujuh di Grand Prix Turki pada November 2020 ntuk menyamai rekor sepanjang masa Michael Schumacher.

Dilansir Crash, Kamis (31/10), pembalap Inggris berusia 35 tahun itu menjadi pembalap F1 pertama dalam sejarah kejuaraan yang menerima penghargaan tersebut saat masih aktif. Ia bergabung dengan sesama juara dunia Sir Jack Braham, Sir Jackie Stewart, dan Sir Stirling Moss yang menerima penghargaan tersebut.

Hamilton sebelumnya diabaikan karena urusan pajak dan tinggal di Monako sejak 2010. Tetapi kehormatannya datang setelah Perdana Menteri (PM) Boris Johnson secara pribadi campur tangan dengan menempatkannya di 'Daftar Diplomatik dan Luar Negeri'.

Ini menyusul dorongan dari Motorsport UK dan All Party Parliamentary Group untuk F1 yang mendesak perdana menteri guna mendukung gelar ksatria untuk Hamilton. Apalagi Hamilton termasuk di antara 5.000 pembayar pajak Inggris teratas meskipun tempat tinggal permanennya adalah Monaco.

Kehormatan ini datang dari tahun yang penting dan bersejarah bagi Hamilton. Ia menambah gelar juara sebelumnya pada 2008, 2014, 2015, 2017, 2018, dan 2019 dengan memenangkan 10 dari 16 balapan yang ia ikuti di sepanjang musim 2020 yang terkena dampak virus corona. 

Hamilton juga melampaui rekor Schumacher untuk kemenangan balapan terbanyak sebulan sebelum penobatan kejuaraannya dan mengakhiri tahun dengan 95 kemenangan atas namanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement